Compressed Memory feature

Sebagai bagian dari pengumuman OS X Mavericks, Apple juga memperkenalkan fitur-fitur terbaru dari sistem operasi terbarunya tersebut. Salah satu fitur yang diperkenalkan adalah Compressed Memory yang dapat membuat Mac menjadi lebih cepat dan responsif.

Compressed Memory menurut Apple:

With OS X Mavericks, Compressed Memory allows your Mac to free up memory space when you need it most. As your Mac approaches maximum memory capacity, OS X automatically compresses data from inactive apps, making more memory available.

Dengan Compressed Memory Mac akan memiliki lebih banyak free memory ketika dibutuhkan dengan cara mengkompres aplikasi-aplikasi yang tidak aktif.

Setelah mencari informasi tentang Compressed Memory atau fitur sejenis, saya akhirnya menemukan bahwa fitur serupa bisa didapatkan di Ubuntu dari zRam.

Cara kerja zRam hampir sama dengan Compressed Memory, zRam akan membuat sebuah blok RAM yang bertindak sebagai swap, atau bisa dikatakan sebagai swap virtual, yang fungsinya adalah mengkompres data-data di RAM sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

Fitur ini sangat cocok untuk netbook, komputer tua atau komputer dengan RAM yang rendah.

Untungnya, karena zRam sudah tersedia di repo bawaan Ubuntu, jadi kita bisa menginstallnya langsung dari apt-get. Bagi Anda pengguna Ubuntu 12.04 LTS atau yang terbaru, bisa menginstall zRam dengan perintah berikut:

Saya baru mencoba zRam selama beberapa jam saja, tapi sudah cukup merasakan perbedaan (RAM laptop saya cuma 1 GB). Grey screen yang biasa muncul kalau ada aplikasi freeze/hang sudah menghilang, lag saat menjalankan aplikasi berat atau saat menginstall/menghapus kernel juga sudah berkurang. Lumayan, mungkin Anda juga harus mencobanya.