But the icons looks like they were designed for a kids or teenagers.

iOS 7 icons

Apple akhirnya mengabulkan permintaan kita; iOS 7 dengan desain baru. Dan Apple baru saja menunjukkannya kepada kita semua pada WWDC 2013 kemarin.

Sejauh ini tanggapan masyarakat tentang iOS 7 cukup positif. Fitur dan interaksi (UX) keren, interface secara keseluruhan juga bagus. Tapi ada satu masalah.

Saya suka hampir semua yang ada di iOS 7, kecuali satu yang kurang berkenan; dat icons!.

Saya setuju, bahwa ikon-ikon pada iOS 7 tampaknya diabaikan atau ditelantarkan oleh desainer Apple (not Jony). Sebelum iOS 7 diperkenalkan, saya berharap semoga Apple juga memperhatikan masalah fitur, bukan cuma fokus total pada redesign UI saja. Tapi yang terjadi sekarang malah kebalikannya, fitur-fitur OK tapi desain terutama pada ikon Not OK. Padahal, fokus terbesar para pengguna selama ini adalah pada ikon, khususnya setelah rumor bahwa iOS 7 akan mengusung desain flat beredar luas.

Ikon pada iOS 7 kacau. Apple menghilangkan banyak gradasi warna, efek gloss, tekstur, dan inilah hasilnya; ikon “flat” a la Apple. Ikon pada iOS 7 tampak seperti didesain oleh desainer amatiran, tampak seperti ditujukan untuk anak-anak atau remaja yang suka gonta-ganti backcase warna-warni, dan… “overly feminine“. Yang paling utama adalah, desain ikonnya tampak tidak konsisten.

Mengapa saya katakan tidak konsisten? Perhatikan saja gambar di bawah ini:

iOS 7 icons

Beberapa ikon memiliki gradasi warna dari terang ke gelap, dan ada juga yang gelap ke terang seperti pada Weather, Mail dan Music. Ikon Game Center sama sekali bukan flat! Masih tampak efek glossnya, dan malahan ini lebih ke 3D. Ikon Camera juga lebih jelek dari yang dulu. Dan ikon Settings yang legendaris itu? Ugh… sekarang jelek. Beberapa ikon memiliki frame putih, dan ada pula yang hitam. Ada ikon yang basis warnanya putih, dan ada pula yang hitam. Campur aduk.

Saya pikir mungkin akan lebih baik kalau semua ikon dijadikan flat (2D) saja seperti yang Anda bisa lihat pada ikon Calculator atau Maps, atau mirip seperti ikon App Store dan lainnya yang meskipun masih memiliki gradasi, tapi setidaknya membuatnya seragam dengan yang lainnya.

Atau sekalian saja semua ikon punya frame putih, seperti gambar ini:

iOS 7 icons

Kita hanya bisa berharap, semoga Apple memang sengaja membuat ikon iOS 7 ini jelek di Beta 1. Ini mungkin cara Apple untuk mengatakan “told you so!” pada kita semua.

Mungkin Apple akan merilis Beta 2 dengan desain ikon yang lebih indah lagi dan mengatakan “seperti yang yang sudah buktikan oleh respon kalian semua, flat itu tidak selalu bagus, bla bla bla…” kemudian secara bertahap mempercantik ikon iOS 7 hingga ke titik nyaris sempurna.

Gambar:
[Baekdal]