Flickr

Original iPhone + iPhone 3G + iPhone 4 by Yutaka Tsutano

Update:
Ini daftar resmi iDevice yang mendukung iOS 7. Kurang lebih sama dengan perkiraan saya di bawah :).

WWDC 2013 memang tidak lama lagi akan diselenggarakan. Kalau dihitung-hitung, sekitar 5 hari lagi. Dan salah satu yang paling ditunggu-tunggu di antara sesi “To Be Announced” adalah iOS 7.

Di antara orang-orang yang menunggu iOS 7 ini rupanya ada yang tidak sabar, dan ada juga yang ragu-ragu, lebih tepatnya galau. Galau kenapa? Karena tidak yakin apakah iOS terbaru yang diharapkan akan melepas kebosanan ini tidak akan tersedia untuk iDevice mereka. Waduh..

Kalau mengingat bagaimana WWDC 2012 dulu, iPhone 3GS adalah iPhone yang paling banyak menerima dukungan iOS. Kalau dihitung sejak iOS 3 sampai iOS 6 (yang terbaru iOS 6.1.3), maka iPhone 3GS didukung oleh empat versi besar iOS. Lumayan lah.

Lalu, bagaimana dengan kondisi sekarang? Apakah iPhone 4 masih kebagian iOS 7? Dan bagaimana dengan iPad 2?

Sabar, tenang dulu.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya alasan utama mengapa iPhone 3GS masih didukung iOS 6 dan yang lainnya tidak, belum tentu karena masalah hardware. Masalah hardware bisa jadi hanya alasan Apple saja.

Kenapa iPhone 3GS masih dapat jatah iOS 6 adalah karena pada saat iOS 6 diperkenalkan, waktu itu Juni 2012, iPhone 3GS masih berstatus “diproduksi”. Nah, kemudian pada September 2012, hampir bersamaan dengan perilisan iOS 6, Apple mengumumkan bahwa iPhone 3GS sudah berhenti diproduksi. Dan status iPhone 3GS yang sebelumnya sebagai iPhone “free on-contract” kemudian digantikan oleh iPhone 4.

Sedangkan iPad 1st gen (generasi pertama), yang setahun lebih muda dibanding iPhone 3GS otomatis tidak didukung iOS 6 lagi, karena iPad 1st telah di-discontinued sejak Maret 2011, bersamaan dengan diperkenalkannya iPad 2.

Jadi, sebenarnya kalau mau Apple bisa saja merilis iOS 6 untuk iPhone 3G dan sejajarannya, tapi dengan beberapa fitur yang dipangkas, kira-kira sama dengan iOS 6 untuk iPhone 3GS sekarang. Masalahnya adalah, Apple tidak mungkin merilis iOS untuk iDevice yang sudah tidak diproduksi lagi.

Kembali ke pertanyaan awal. Bagaimana dengan nasib iPhone 4 dan iPad 2?

Meski secara spec keduanya sudah “ketuaan”, tapi tidak ada alasan bagi Apple untuk tidak merilis iOS 7 untuk iDevice yang masih dijual. Buat apa beli smartphone “baru” kalau kita sudah tahu sebelumnya bahwa smartphone tersebut sudah dihentikan dukungan softwarenya? Rugi kan?

Yang jelas, iPhone yang masih dijual pertanggal 10 Juni atau waktu yang sama dengan diselenggarakannya WWDC 2013, adalah iPhone 4, iPhone 4S, dan iPhone 5.

iPhone

Dan untuk keluarga iPad, mulai sejak iPad mini sampai dengan iPad 4 masih akan menerima dukungan iOS 7.

iPad

Bagaimana dengan iPod touch 4G?

Seperti yang kita ketahui bersama, Apple baru saja meluncurkan iPod touch 5G 16 GB beberapa hari yang lalu. Rupanya ini adalah pertanda bahwa iPod touch 4G “resmi” di-discontinued. Dikarenakan iPod touch 4G sudah hilang dari peredaran, maka bisa dipastikan kalau iOS 7 tidak akan mendarat di iPod touch 4G.

Jadi, kalau Anda berencana untuk membeli iDevice, pastikan Anda memilih iPhone 5, iPad 4 atau iPod touch 5G, karena bisa dipastikan akan mendapat dukungan untuk iOS 7 dan versi berikutnya lagi.

Referensi:
[Compare iPhone Models]
[Compare iPad Models]