Mark Shuttleworth yang bertindak sebagai pembicara pada ajang Mobile Asia Expo (MAE) 2013 di Shanghai mengungkapkan bahwa Carrier Advisory Group (CAG) telah kedatangan beberapa anggota baru, dan salah satunya adalah operator dari Indonesia.

Mark Shuttleworth melalui blognya:

Very briefly – had an excellent show at Mobile Asia Expo. Very valuable feedback from carrier partners on our progress with Ubuntu’s mobile experience and ecosystem. And just heard that a US operator has joined our advisory group – alongside recent additions from Indonesia and Australia.


CAG adalah grup yang dibentuk oleh Canonical yang berguna sebagai sarana bagi para operator seluler untuk bertemu, berdiskusi, dan membentuk strategi untuk pengembangan Ubuntu (Touch). CAG bersifat global, dan sejak didirikan setidaknya ada tujuh anggota pendiri (Deutsche Telekom, Everything Everywhere, Telecom Italia, Korea Telecom, LG UPlus, Portugal Telecom, dan SK Telecom).

Lalu apa keuntungan dari menjadi anggota CAG? Ada banyak, tapi salah satu di antaranya adalah, operator anggota bisa meluncurkan perangkat (smartphone/tablet) Ubuntu lebih awal dibanding yang bukan anggota:

CAG members can also launch Ubuntu devices before non-members in local markets. The first two launch partners will be selected from within the group, with the next wave following six months later; non-members will face a substantial wait to gain access to the platform.

Pendaftaran anggota baru akan ditutup pada Juli 2013, dan menurut saya masuknya operator Indonesia adalah berita yang sangat sangat bagus, khususnya bagi fans Ubuntu :)

Saat ini belum ada kepastian atau pengumuman resmi siapa anggota baru tersebut. Tapi setelah mencari-cari nama operator yang turut serta pada MAE 2013, saya hanya bisa menemukan satu nama; Telkomsel.

Kita tunggu saja, operator apa yang akan berpartner dengan vendor apa untuk meluncurkan Ubuntu Touch di Indonesia :)

Update:
Smartfren resmi menjadi anggota CAG ke-8.