iPhone 5C

iPhone 5C via The Verge

Tahun ini ada dua buah iPhone yang diperkenalkan oleh Apple, yaitu iPhone 5C dan 5S. Yang keduanya sudah diketahui secara luas akan diperkenalkan pada hari ini. No surprise et al.

Terus, apa sih beda antara iPhone 5C dan iPhone 5S itu?

Bye bye iPhone 5, it was fun while it lasted

Sebelum membahas soal iPhone 5C/5S, ada satu pengumuman resmi dari Apple yang perlu Anda ketahui; iPhone 5 yang diperkenalkan Apple tepat setahun yang lalu telah resmi di-discontinued pada hari ini dengan diluncurkannya iPhone 5C sebagai penerusnya. Mengapa demikian?

Sudah jadi kebiasaan Apple, ketika mengumumkan iPhone (dan iDevice pada umumnya) terbaru, maka iPhone seri sebelumnya akan diturunkan harganya hingga US$100, sedangkan iPhone yang termurah akan menjadi free untuk yang kontrak (free on contract) selama 2 tahun. iPhone 5 yang statusnya bukan lagi yang terbaru seharusnya mengikuti pola ini, tetapi karena iPhone 5 memiliki teknologi layar sentuh yang lebih tinggi maka memproduksinya untuk digunakan sebagai iPhone diskon akan membuat Apple merugi. Maka diciptakanlah iPhone 5C yang lebih “murah” ongkos produksinya yang juga memiliki teknologi layar yang identik dengan iPhone 5S dengan titik harga US$99.

Jadi pada dasarnya, iPhone 5C adalah iPhone 5 dengan casing plastik.

Apple juga resmi menghentikan produksi iPhone 4, sedangkan iPhone 4S akan tetap berlanjut dan akan berstatus free on contract.

iPhone 5C vs. iPhone 5S

Here comes the king..

iPhone 5S

iPhone 5S via The Verge

iPhone 5S diperkenalkan dengan tiga varian, yakni Silver, Gold, dan Space Grey (bukan hitam/black). Tidak ada perubahan berarti dibanding iPhone 5, kecuali internal yang diupgrade.

Berikut adalah perbandingan singkat antara iPhone 5C dan iPhone 5S:

Tampilan fisik/hardware:

  • 5C: Bodi berbahan plastik yang menyatu tanpa sambungan. Tersedia dengan lima pilihan warna ceria: putih, hijau, biru, pink dan kuning.
  • 5S: Bodi mirip iPhone 5 dengan pilihan warna Silver, Gold, dan Space Gray.

Spesifikasi:

  • 5C: Prosesor A6 dengan layar Retina 4-inci.
  • 5S: Prosesor A7 64-bit, dengan teknologi M7 “motion coprocessor”, sensor sidik jari pada tombol Home yang berlapis kristal safir.

Harga:

  • 5C (Kontrak): US$99 untuk kapasitas 16 GB, US$199 untuk 32 GB. Kontrak selama 2 tahun.
  • 5C (non-kontrak):: US$549 untuk kapasitas 16 GB dan US$649 untuk 32 GB.
  • 5S (Kontrak): US$199 untuk kapasitas 16 GB, US$299 untuk 32 GB dan US$399 untuk 64 GB.
  • 5S (non-kontrak): US$649 untuk kapasitas 16 GB, US$749 untuk 32 GB dan US$849 untuk 64 GB.

Bagaimana menurut Anda? Apa warna favorit Anda untuk iPhone 5S?