iPhone 5C

iPhone 5c. Fucking cute, huh?

Gambar di atas adalah model asli dari iPhone 5c yang diperkenalkan oleh Apple pada hari ini. Sayangnya, tidak ada yang spesial lagi karena hampir sebagian besar orang yang mengikuti berita teknologi 2-3 bulan terakhir ini sudah tahu tentang rumor “colorful iPhone”, “cheap/budget iPhone”, “iPhone for teens”, iPhone murah, atau terserah Anda. Apalagi ditambah dengan bocoran foto-fotonya.

Tim Cook pernah bilang, “we’ll ‘double down on secrecy“, Apple berjanji akan meningkatkan kerahasiaan pada produknya karena konsumen suka dengan kejutan. BS. Double down apanya, sepanjang yang saya ikuti, iPhone 5s ini adalah iDevice yang paling parah leaksnya. Mulai dari komponen, sampai dengan buku manual dan videonya bocor ke publik. Surprise my balls.

MRW Apple introduce the iPhone 5c

Begadang hanya untuk mengetahui rangkuman berita selama satu bulan terakhir.

Meskipun sudah rahasia umum kalau Apple juga mengontrol rumor atau leaks aka “controlled leaks“, tapi untuk kasus iPhone 5c/5s yang dirilis tahun ini sangat-sangat… di luar kontrol menurut saya. Saya sih paham kalau mungkin ada yang sedikit keluar dari kendali Apple, terutama karena produksi hardware dan perakitan iDevice dilakukan di luar Amerika Serikat. “Double down on secrecy” hanya berlaku untuk produk yang diciptakan atau didesain di markas Apple saja, dengan kata lain di negara yang benar-benar bisa dipantau oleh Apple. Buktinya, iOS 7 yang awet hingga malam hari (pagi waktu setempat) WWDC diselenggarakan, dan Mac Pro.

Tapi bagaimanapun juga, saya masih sedikit kecewa dengan Tim Cook dengan janjinya yang akan membuat kejutan.