Sebenarnya saya tidak begitu peduli dengan Google Wallet, apakah akan dirilis ke iOS atau hanya eksklusif di Android saja, terserah Google. Tapi kenyataan bahwa pada akhirnya Google melepas Google Wallet untuk iOS membuat saya jadi berpikir; akhirnya Google sudah pasrah kalau iPhone memang tidak berjodoh dengan NFC.

Sorry Google, no NFC for you.

Sewaktu pertama kali diperkenalkan, Google Wallet hanya tersedia untuk smartphone dan tablet Android hi-end yang dilengkapi dengan NFC.

Beberapa bulan kemudian beredar rumor bahwa iPhone berikutnya, yakni iPhone 5 akan diperkuat dengan chip terbaru yang akan mendukung fitur NFC di iPhone 5.

Google pun semakin gencar mempromosikan Google Wallet. Maklum, waktu itu persyaratan untuk Google Wallet adalah harus ada chip NFC. Dengan adanya NFC di iPhone maka Google Wallet pun menjadi semakin populer.

Boom! Ternyata iPhone 5 tidak dilengkapi dengan NFC. Sebagai pengganti NFC untuk sistem pembayaran mobile, Apple memperkenalkan Passbook di iOS 6. Too bad, Google, better luck next time.

Ini penjelasan Phil Sciller soal mengapa tidak ada NFC di iPhone 5:

Passbook does the kinds of things customers need today.

“Today”, oke, itu artinya ada masih kemungkinan Apple akan berubah pikiran di masa depan dan akan memasukkan chip NFC di iPhone berikutnya. Masa sih perusahaan sebesar Apple tidak punya fitur NFC di produknya? Apple itu bodoh atau apa? Bukan begitu. Sebenarnya alasannya sederhana; Google sudah curi start dengan dengan Google Wallet, kalau Apple juga merilis iPhone dengan NFC-enabled, dan Google Wallet kompatibel penuh dengan iPhone tersebut, siapa yang diuntungkan kalau bukan Google?

Well, Google terpaksa harus bersabar kembali sampai Apple merilis iPhone berikutnya. Dengan NFC pastinya.

Yang terakhir, muncul rumor bahwa iPhone 5s akan dilengkapi dengan NFC.

Boom! Sekali lagi rumor tentang NFC di iPhone salah. iPhone 5s dirilis tanpa NFC. Yang lebih parah lagi, Apple sudah memperkenalkan teknologi pembaca sidik jari bernama Touch ID yang sudah dipersiapkan Apple untuk solusi pembayaran mobile. Belul cukup sampai di situ, Apple juga memperkenalkan iBeacon salah satu fitur di iOS 7 yang dikatakan bisa “membunuh” NFC.

Google akhirnya menyerah. Dengan iPhone 5s Google sudah yakin tidak akan NFC di iPhone. Titik.

iPhone tanpa NFC? Tidak masalah, rilis saja aplikasinya.

Maka dirilislah aplikasi Google Wallet untuk iPhone, setelah menghapuskan persyaratan NFC. Iya lah, kalau persyaratan NFC nya dihapus, itu artinya smartphone lain juga bisa pakai Google Wallet.

Oh ya, dengan dihapuskannya persyaratan NFC ini bahkan smartphone yang masih menjalankan Android 2.3 bisa juga menggunakan aplikasi Google Wallet, thanks to Apple/iPhone.