iOS 7 memang benar-benar beda dari versi sebelum-sebelumnya. Perubahan tampilan serta fitur-fiturnya membuat banyak orang tidak tahan untuk berlama-lama di iOS lama. Bahkan beberapa orang rela untuk menghilangkan jailbreak yang sudah lama ia pertahankan demi install BBM update ke iOS 7.

Oke, setelah merilis iOS 7, tampaknya Apple akan benar-benar membuat Anda lupa dengan jailbreak. Apple benar-benar serius kali ini.

Bagaimana caranya? Dimulai dengan mencegah pengguna melakukan restore dengan custom IPSW, alias file mentah iOS (.IPSW) yang telah dimodifikasi dengan program tertentu, yang biasanya digunakan untuk jailbreak dan proses downgrade.

Hal ini pertama kali dilaporkan oleh @iH8sn0w, developer dari Sn0wbreeze, iFaith, iReb, dll.

Sebelum menjalankan proses restore, iTunes akan melakukan pengecekan hash untuk file-file img3 di dalam .IPSW, jika diketahui hash-nya telah berubah, yang berarti file-file tersebut telah dimodifikasi, maka server Apple akan menolak melanjutkan proses restore.

Dengan begini, program-program semacam Redsn0w atau iFaith tidak bisa lagi digunakan untuk restore jika iTunes 11.1 terinstall.

Kalau Anda saat ini bergantung pada custom IPSW atau program Sn0wbreeze, jangan install iTunes 11.1, versi yang direkomendasikan yang saat ini masih kompatibel dengan custom IPSW adalah versi 11.0.

Karena iOS 7 membutuhkan iTunes 11.1 untuk sinkronisasi, jadi kalau misalnya salah satu iDevice Anda sudah diupdate iOS 7, apa boleh buat, terpaksa Anda tidak bisa dulu melakukan restore dari custom IPSW.

Untuk sementara ini kita hanya bisa menunggu para hacker khususnya @iH8sn0w membuat program baru sebagai alternatif iTunes, yang bisa digunakan untuk restore plus menerima custom IPSW.