Perilisan evasi0n7 baru-baru ini benar-benar membuat banyak orang terkejut. Saya sendiri tidak mengetahui bahwa evad3rs sudah sangat dekat untuk merilis evasi0n7. Tidak ada screenshoot, teaser, tidak ada ETA atau apapun. Secara tiba-tiba saja evasi0n7 dirilis ke publik. Dan saya tidak sendirian, bahkan Saurik juga merasa demikian. Bedanya, Saurik sudah tau sebelumnya kalau jailbreak untuk iOS 7 telah hampir selesai, minus Cydia.

Ada apa dengan evad3rs? Mengapa grup yang beranggotakan @pimskeks @planetbeing @pod2g dan @MuscleNerd ini terburu-buru merilis evasi0n7 yang bahkan bisa dibilang tanpa persetujuan Saurik sendiri?

Jadi, setelah mencari informasi dan mengumpulkan data-data dari beberapa sumber, kira-kira begini alasan di balik perilisan evasi0n7 yang tiba-tiba…

Sponsor jailbreak

Evad3rs (@evad3rs) telah dihubungi oleh sebuah perusahaan Cina (TaiG, baca: Tai-ji) yang berniat untuk membeli exploit dan menjadi sponsor untuk jailbreak iOS 7. Evad3rs kemudian memberitahukan Saurik soal kesepakatan ini, namun karena ada sedikit kecurigaan dengan perusahaan tersebut, Saurik berusaha untuk mencari parusahaan (Cina) lain untuk membuat kesepakatan, karena Saurik berasumsi kalau Taig adalah satu-satunya perusahaan Cina yang mendekati evad3rs.

Evad3rs tidak begitu menerima tawaran-tawaran lain dari Saurik, dan bahkan mulai bosan dengan Saurik yang meminta evad3rs untuk tidak lagi berhubungan dengan TaiG, dan meminta Saurik untuk berhenti mengintervensi. Saurik pun tidak lagi berhubungan dengan evad3rs. Agak lama tidak saling berkomunikasi, Saurik tidak tahu kalau ternyata kesepakatan evad3rs dengan TaiG telah berkembang dari yang sebelumnya. Evad3rs tidak akan menjual exploitnya, tetapi sebagai gantinya evad3rs akan membundling aplikasi buatan TaiG (yang diketahui adalah sebuah aplikasi alternatif Cydia -App Store tidak resmi), dengan catatan aplikasi dari Taig tersebut tidak berkaitan dengan pembajakan.

Saurik cukup kecewa dengan keputusan ini. Wajar saja karena Saurik dan evad3rs (secara umum semua hacker yang ingin merilis jailbreak) telah bekerja sama sebelumnya (sejak evasi0n).

Geohot kembali?

Di samping itu, Saurik juga telah dihubungi oleh seseorang dan memintanya apakah bisa membantu untuk peluncuran jailbreak iOS 7. Karena Saurik berpikir bahwa jailbreak dari evad3rs mungkin akan membahayakan pengguna, terkait soal jual-beli exploit, maka Saurik pun setuju dengan “seseorang” ini.

Saurik dan orang tidak dikenal ini dilaporkan telah bekerja-sama selama beberapa minggu. Mengetahui bahwa “Saurik telah bekerja sama dengan hacker lain untuk iOS 7” (counteroffer), evad3rs menjadi “Sial, kalau mereka (Saurik) merilis jailbreak iOS 7 sebelum kita, kesepakatan dengan TaiG akan batal”.

$1M deal

Takut kesepakatannya dengan TaiG batal, yang konon katanya nilainya mendekati US$1.000.000, evad3rs (kecuali @MuscleNerd) akhirnya buru-buru menyelesaikan jailbreak, memasukkan aplikasi TaiG menjadi satu paket, dan merilisnya secepat mungkin tanpa pemberitahuan sebelumnya, bahkan kepada Saurik. Padahal, sebagai pembuat Cydia Saurik adalah orang yang harus tahu kalau sebuah jailbreak sudah bisa dirilis atau belum. Ini karena Saurik adalah orang yang bukan hanya bertanggung jawab atas Cydia, tetapi juga komponen-komponen lainnya pasca jailbreak, seperti Substrate, dll.

Karena terburu-buru, evad3rs akhirnya merilis evasi0n7 tanpa Cydia dan MobileSubstrate yang kompatibel, yang sebenarnya versi kompatibelnya untuk iOS 7 lagi dikembangkan oleh Saurik.

Evad3rs tentu saja sudah tahu kalau Cydia dan MobileSubstrate belum berjalan sempurna untuk iOS 7, tetapi mereka tetap memutuskan untuk segera merilis jailbreak yang belum selesai ini, dan memperbaikinya belakangan. Maka, dirilislah evasi0n7, jailbreak untethered untuk iOS 7.0 – 7.0.4 secara tiba-tiba yang bahkan Saurik sendiri tidak mengetahuinya.

TaiG

TaiG assistant

Anda mungkin ingin tahu sedikit hal tentang TaiG:

  • TaiG dikembangkan oleh KuaiYong (yang suka bajakan pasti tahu ini gunanya buat apa).
  • KuaiYong sendiri adalah proyek dari Qihoo.
  • Qihoo merupakan perusahaan pembuat software antivirus.
  • Pengguna Qihoo mencapai 450 juta (jumlah pengguna antivirus ini hampir dua kali lipat penduduk negara kita).

Jangankan jumlah penduduknya, pengguna Qihoo saja sudah sangat banyak. Dan karena sebagian besar mereka tidak dapat/lancar membaca tulisan berbahasa Inggris, apalagi karena Cydia sendiri 100% berbahasa Inggris, maka evad3rs merasa “why not?” dengan permintaan TaiG ini.

Evad3rs setuju membundle aplikasi TaiG ke evasi0n7 dan menjadi default untuk pengguna asal/regional Cina (atau pengguna yang mengatur bahasa/kamus iDevicenya ke Cina).

Tetapi, aplikasi yang seharusnya menjadi alternatif dari Cydia ini rupanya adalah sumbernya aplikasi bajakan, TaiG menginstall reponya sendiri dan membolehkan pengguna untuk menginstall aplikasi dan tweak bajakan. TaiG lebih tepat dikatakan sebagai App Store versi bajakan dibanding alternatif Cydia.

Oops, ada apa dengan evasi0n7? Bukannya pembajakan bukan bagian dari perjanjian?

Evad3rs menyadari ada yang salah, dan segera meminta maaf dengan kesalahan ini, dan TaiG pun ditarik dari Evasi0n:

We are very upset that despite our agreement and review by their team, piracy was found in the store. It was not acceptable and they have been strenuously working to resolve the problem in good faith, and have removed all instances of it that we have brought to their attention. We are happy that it was not overlooked by the community. We’ve been so heads down working on the code that we didn’t see this. We are sorry. We will continue to monitor this issue and work to resolve it completely. Taig will be pulled from the jailbreak if it cannot be resolved.

What now?

Evad3rs memang layak untuk mendapatkan kompensasi atas apa yang mereka kerjakan. Mereka punya hak untuk meminta bayaran atau menggandeng sponsor untuk membayar mereka jika mereka mau. Jailbreak itu pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Yang saya tidak yakin adalah, bagaimana bisa evad3rs mengabaikan peringatan dari Saurik?

Menurut Saurik, ia sudah tahu tentang TaiG sejak 2 bulan yang lalu, dan menurutnya TaiG ini “very sketchy”, tampaknya kecurigaan Saurik ini tidak salah, Qihoo dan produk-produknya telah ditendang dari iTunes sejak awal tahun 2012 karena kompetisi yang tidak adil; memaksa user untuk mendownload browser mereka dan membuat aplikasi antivirus mereka sulit untuk dihapus.

The Register:

However, controversy has dogged Qihoo for years. In February 2012 all of its products were kicked off iTunes and a year later the Chinese government slapped the firm with an official warning after alleging unfair competition.

The warning claimed that Qihoo effectively used its security software to trick users into downloading its browser and made the AV software 360 Safeguard particularly difficult to uninstall.

Tentu saja, dengan kelakuan yang seperti ini Saurik sudah sangat baik untuk menyarankan evad3rs untuk mencari perusahaan lain untuk bekerja sama.

Respon TaiG

TaiG

Karena hebohnya masalah ini, pihak TaiG merasa perlu memberikan klarifikasi, semacam “letter to the community” balasan. Kira-kira begini isinya:

  • evad3rs dianggap sebagai “dream team” yang kehebatannya diakui oleh orang Cina, dan mereka juga dikenal di luar Cina meski tidak banyak yang mengenal TaiG.
  • Karena Cydia tidak didukung oleh antarmuka yang cocok untuk pengguna regional Cina, maka TaiG mengganti Cydia dengan “TaiG assistant” khusus untuk pengguna regional Cina.
  • Orang-orang Cina tidak peduli dengan pembajakan. Sudah menjadi kebiasaan mereka setiap kali ada jailbreak yang dirilis maka mereka akan memanfaatkannya untuk menginstall toko aplikasi pihak ketiga yang khusus menyebarkan aplikasi bajakan, dan mendapatkan keuntungan melalui iklan.
  • Tidak ada kesepakatan $1M seperti yang diberitakan.
  • TaiG adalah team jailbreak yang terdiri dari 100 orang.
  • Aplikasi bajakan yang muncul di TaiG assistant ditambahkan secara otomatis oleh bot dari server lama yang dulunya memang mereka gunakan untuk menampun aplikasi bajakan untuk pasar Cina.
  • TaiG sendiri (katanya) sama sekali tidak mendukung pembajakan dan meminta maaf atas kekacauan yang terjadi.

So…

Kesimpulannya, tidak ada jual beli exploit, meskipun sempat diberitakan bahwa GeoHot telah meminta bayaran $350.000 untuk exploitnya, tetapi karena evad3rs yang duluan merilis jailbreak iOS 7 maka untungnya hal itu tidak sempat terjadi. Meskipun dirilis dengan setengah matang, untungnya dengan kembalinya hubungan baik antara evad3rs dan Saurik maka pembaruan Cydiapun dirilis. Well… evad3rs sudah meminta maaf, pihak TaiG juga sudah meminta maaf… Happy jailbreaking guys!