Liburan natal dan tahun baru biasanya identik dengan bingkisan atau bagi-bagi hadiah, entah itu dari teman, saudara, ataupun dari Santa (aka you know, your mother). Terus, apa hadiah yang Anda dapatkan di akhir tahun ini? Saya yakin Anda pasti mengharapkan gadget baru :P Dan saya harap gadgetnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Apa!!? Waktu Anda bangun pagi yang ada di dalam kaos kakinya cuma Lumia/Nexus? Bukan iPhone 5S Gold atau iPad mini Retina? Oops, kayaknya si Santa lupa kalau Anda ini adalah seorang iFans, atau mungkin hadiahnya tertukar dengan anak lain, dan saya tebak pasti anak lain itu sangat beruntung. Tapi, jangan kecewa dulu, karena sebenarnya Anda masih bisa mendapatkan iPhone atau iPad yang Anda impikan.

Jual

Nexus 5

via Gizbot

Yup, kalau hadiah Anda tidak bisa ditukar dengan yang lain, terpaksa dijual saja. Anda bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan untuk membeli iPhone atau iPad mini retina impian Anda.

Caranya?

Kaskus

Menjual gadget yang tidak Anda inginkan atau apapun di Kaskus cukup mudah prosesnya. Kalau Anda sudah pernah atau minimal punya kenalan yang sudah sering menjual barang secara online maka Anda akan paham prinsipnya.

Siapkan barang Anda, foto barangnya, tetapkan harga, dan pasang nomor telepon atau alamat email Anda yang bisa dihubungi. Silakan menunggu sampai ada yang menawar. Kalau sepi, sekali-kali sundul gan.

Forum Jual-Beli (FJB) Kaskus.

Social media

Kalau bagi Anda Kaskus terlalu rumit, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook atau Twitter.

Di Facebook Anda bisa langsung pasang foto barang yang ingin Anda jual di profil (you know, wall) Anda, dan tunggu respon dari teman-teman Anda. Bisa juga, dan menurut saya lebih efektif, adalah dengan masuk atau bergabung ke grup-grup jual beli di Facebook yang kategorinya cocok. Misalnya, Anda tinggal di Jakarta dan ingin menjual Nexus 5 Anda, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergabung ke:

  • Grup jual beli khusus untuk wilayah Jakarta. Biar pembelinya lebih dekat dengan Anda, dan tingkat kepercayaannya lebih tinggi.
  • Grup pengguna perangkat khusus Nexus.
  • Grup atau komunitas pengguna Android
  • Grup jual beli khusus gadget, yang anggotanya bisa saja dari seluruh Indonesia

Semua grup-grup di atas punya tujuannya masing-masing. Anda juga bisa bergabung dengan semua jenis grup tersebut biar kesempatan lakunya lebih besar.

Untuk Twitter, kurang lebih hampir sama dengan di Facebook. Cari akun khusus untuk jualan gadget/smartphone dan minta Retweet atau RTnya. Tunggu sampai ada yang mention balik atau kirim DM. Dan yang penting, Semakin berpengaruh akun yang me-Retweet atau semakin banyak jumlah RT yang Anda dapatkan, maka semakin besar kesempatan yang Anda punya.

Jual ke keluarga atau teman

Barangkali saja ada sepupu Anda yang masih pakai BlackBerry, dan secara kebetulan ada keinginan untuk menggantinya. Nah inilah kesempatan Anda. Anda bisa menawarkan Nexus 5 yang sudah bisa Instagram, Snapchat, serta BBM-an pula.

Tapi ingat, hanya jual ke keluarga atau teman kalau Anda mau barangnya cepat laku, karena Anda tidak mungkin memasang harga ke keluarga/teman dengan harga yang sama dengan orang asing bukan? Pastinya ada perbedaan harga.

Masukkan ke YouTube

Nexus 5

Kalau Anda benar-benar belum beruntung bisa menjualnya… well mungkin saja Anda belum saatnya mendapatkan iPhone 5S, justru, Anda mungkin akan mendapatkan iPhone 6… Tahun depan!

Lalu, Nexus/Lumia nya mau diapakan? Gampang, Anda bisa mendapatkan popularitas atau justru uang dari Google AdSense dengan mengupload video ke YouTube:

  • “Will it blend? (With brand new ___)”
  • “Wow! ___ drop test dari lantai 10”
  • “Dashyat! ___ scratch test diinjak Hummer di aspal”
  • “Apakah ___ ini akan selamat di dalam oven selama 15 menit? Check this out!”

Good luck!