Seperti yang sudah saya duga sebelumnya, hasil wawancara Steve Woz yang diterbitkan WIRED beberapa hari yang lalu tidak sepenuhnya benar. Mengenai berita “Woz ingin Apple membuat ponsel Android” yang beredar baru-baru ini, ternyata itu di-twisted alias misquoted.

Berikut potongan email yang dikirimkan Woz kepada Gina Smith dari aNewDomain.net yang memang ditujukan untuk menanggapi kesalahpahaman ini:

In an email to me, Steve said, “They got it quite wrong for their own reasons … I’m used to things like this, (where the media turns) ‘could’ into ‘should.’ But the idea caught a lot of attention. It was just (my) independent idea … I’m sure others have said it before but I get more attention …”


Akhirnya kebenaran terkuak!

Woz menambahkan, bahwa pernyataan atau ide yang dilontarkannya itu sebenarnya hanya untuk memancing orang-orang untuk berpikir. Dan memang, kedengaran seperti komedi:

“My answer was brief and more thrown out like art, to mention a rare and dramatic idea to get people to (start thinking).” His comment, according to Steve, was more intended as “a form of comedy. I felt it was an interesting thing to say.”

Ini kesekian kalinya Woz (harus) menanggapi pernyataannya yang misquoted oleh reporter/media. Bahkan Woz mengatakan bahwa karena sudah seringnya kejadian, ia menjadi terbiasa dengan kelakuan media yang seperti itu.

Nah, bagaimana dengan orang-orang yang sudah mengkritik, memaki dan mengatai Woz mabuk? Apa mereka merasa kalau mereka lebih bisa memahami pernyataan Woz dibandingkan dengan Woz sendiri? Masih mendingan kalau mereka ini membaca artikel wawancaranya secara keseluruhan. Tapi kalau cuma baca judul langsung komentar, mending ke KasKus aja gan, cari pertamax di sana.

Saya jadi berpikir, dengan seringnya kejadian seperti ini, sebenarnya Woz terlalu jenius untuk mengeluarkan pendapatnya di internet.

Woz, tolong jangan berpendapat lagi, some people/blogger just can’t handle it.