Google Translate bisa dibuka dari Terminal? Yep :)

Google Translate from Terminal

Biasanya ketika mendapati pesan error atau istilah-istilah lain yang muncul di Terminal, seseorang akan mencari solusinya di Google dengan mem-paste pesan errornya langsung di form pencarian Google. Tapi bagi yang kurang mengerti bahasa Inggris biasanya akan membuka halaman Google Translate dulu.

Tapi sekarang Anda tidak perlu repot-repot membuka browser (ya, bagi saya berpindah-pindah dari jendela browser ke terminal itu merepotkan) atau pergi ke halaman Google Translate karena sudah ada cara mudah untuk menerjemahkan istilah yang Anda inginkan langsung dari jendela Terminal.

Caranya gampang.

  1. Buat sebuah file kosong dari teks editor favorit Anda, misalnya gedit atau Sublime Text. Jangan lupa untuk memberinya nama yang mudah dan singkat, misalnya “trans”.
  2. Copy script python berikut ini dan paste ke jendela teks editor Anda tadi.
  3. Save file yang baru Anda buat.
  4. Buka Terminal dan jalankan perintah berikut:
  5. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu mengetik ./trans "kata yang ingin diterjemahkan" dari Terminal.

Script di atas diatur untuk penggunaan bahasa Indonesia (id) sebagai sumber (source) dan bahasa Inggris (en) sebagai tujuannya (dest).

Untuk mengubah bahasa sumber dan bahasa tujuan, Anda bisa mengubah baris dest="en" dan source="id" sesuai kebutuhan.

Dan untuk memudahkan agar Anda tidak perlu mengubah-ubah baris kode setiap kali ingin berpindah bahasa, saya sarankan Anda untuk membuat file terpisah sesuai bahasa.

Contoh:

Google Translate from Terminal

Selamat bekerja :)

Sumber:
[Adam Shore’s blog]