You can’t patch out a slow processor, but Apple does its best.

Ya, itulah tagline dari sebuah artikel yang dimuat di Ars Technica yang saya percayai benar.

Sebelum iOS 7 diperkenalkan, reaksi orang-orang; “Apple tolong ingat kami pengguna iPhone 4”, “semoga Apple belum melupakan kami pengguna iPhone 4”, dan sebagainya. Setelah iOS 7 diluncurkan, orang-orang… “iPhone 4 lambat banget pakai iOS 7” ada juga yang “malas ah update ke iOS 7, katanya lambat di iPhone 4”. Macam-macam lah pokoknya.

Saat iOS 7 diperkenalkan, iPhone 4 masih kebagian update memang, tapi berada di posisi terbawah dengan spesifikasi hardware paling minimum. Akibatnya, iPhone 4 menerima iOS terbaru tetapi dengan fitur yang seadanya. Not bad lah menurut saya. Daripada tidak menerima update sama sekali, benar? Oh wait, kecuali Anda mau memperdebatkan “mending tidak ada update daripada ada tetapi tidak dapat fitur”.

Sering berjalannya waktu, orang-orang (pengguna iPhone 4) akhirnya update juga ke iOS 7. Entah karena terpaksa (terpaksa restore, dll), atau karena penasaran. Yang jelas pada akhirnya ada juga yang mengakui dan harus mengakui bahwa iOS 7 di iPhone 4 itu sebenarnya bonus dari Apple saja. iOS 7 tampilannya saja yang simple, clean dan “rata” alias flat, tapi di balik itu tambah banyak transparansi dan animasi di mana-mana. Akibatnya, iPhone 4 yang sudah hampir 4 tahun harus menderita alias mengalami penurunan performa akibat fitur kosmetik ini.

You can’t patch out a slow processor, but Apple does its best.

Benar. CPU lambat iPhone 4 mungkin tidak tertolong lagi, tetapi Apple tahu sisi mana yang masih bisa diperbaiki.

Di iOS 7.1 ini Apple menaruh perhatian khusus pada iPhone 4. “Improved performance for iPhone 4”. Ya, sekali lagi Apple tidak/belum melupakan para pengguna iPhone 4.

Ars Technica melakukan pengukuran performa terhadap iPhone 4 dengan tiga versi iOS berbeda, yaitu iOS 6.1.3, iOS 7.0 dan iOS 7.1. Hasilnya, iOS 7.1 ini unggul dari semua kategori pengukuran dibandingkan dengan iOS 7.0, meskipun belum secepat iOS 6.1.3.

iPhone 4 test

Hasil pengukuran beberapa versi iOS berbeda pada iPhone 4. Via Ars Technica.

Melihat tabel hasil pengukuran di atas, tampaknya iOS 7.1 adalah iOS 7.0 yang seharusnya. Baik dari sisi tampilan ataupun performa. Dan kalau Anda selama ini masih bertahan untuk tidak update ke iOS 7, saran saya, iOS 7.1 adalah saat yang tepat untuk melakukan update.

Performa iPhone 4 Anda mungkin tidak akan sempurna 100%, tapi sekali lagi, menurut standar teknologi hari ini dan dibandingkan dengan saudara-saudaranya, iPhone 4 tergolong perangkat tua. Jadi saya rasa, iOS 7.1 ini hadiah dari Apple yang layak Anda coba.