Barusan ada yang sharing video rekaman CCTV dari sebuah toko (lokasinya di ITC Fatmawati) yang seorang bapak-bapak yang entah memang ingin membeli sesuatu, atau…


Ini deskripsi videonya:

Awalnya kejadian pencurian terjadi di hari Kamis tanggal 10 April 2014 di toko komputer milik kakak saya di Apartemen Mediterania 2 Jakarta Barat. iPhone yang hilang adalah iPhone milik adik saya yang ketika dicuri sedang dalam keadaan dicharge di atas meja. Saat adik saya memberitahu bahwa iPhone-nya hilang, saya langsung bertanya “find my iPhone on nggak?”. Ternyata fitur tersebut tidak diaktifkan. Saya tidak habis akal, langsung saya login apple id di icloud.com dan aktifkan fitur lost mode. Saya memberi message bahwa iPhone tersebut adalah iPhone curian dan jangan dibeli, saya infokan nomor HP saya untuk pengembalian.

Selang beberapa hari, pada tanggal 17 April 2014 sore saya dihubungi oleh seseorang yang mengaku sebagai pemilik toko komputer di ITC Fatmawati dan mengabarkan kalau beliau menemukan iPhone adik saya dan saya bisa ambil balik iPhone tersebut. Ternyata pencuri iPhone adik saya itu telah menukar iPhone yang dijual oleh toko tersebut dengan iPhone milik adik saya.

Jadi rupanya, ada sebuah iPhone hilang, iPhone milik si adik. Fitur Find My iPhone tidak diaktifkan, tapi si kakak langsung login ke iCloud dan aktifkan Lost Mode (?). Dua hari kemudian seorang yang mengaku pemilik toko menelepon si kakak yang katanya “menemukan” iPhone si adik yang dicuri. Loh, kok bisa? Ya, karena pencuri iPhone si adik frustasi karena iPhone yang dicurinya tidak bisa digunakan karena Lost Mode (?) lagi aktif. Tetapi karena si pencuri ini pantang menyerah, jadi dia mendatangi salah satu toko untuk berpura-pura membeli iPhone yang sebenarnya niatnya adalah menukar iPhone “miliknya” dengan sebuah iPhone baru.

Intinya adalah:

  • Jangan coba-coba praktekan ini. Bahkan jangan berpikir untuk melakukannya.
  • Jangan lupa menginstall Find My iPhone. Fitur Activation Lock dari iOS ini cukup ampuh dan sudah terbukti :thumbsup:
  • Kalau Anda adalah pemilik toko atau kerja di toko, teliti barang yang Anda jual. Periksa selalu apakah dusnya sesuai dengan isinya (Dus putih iPhone).