Saya belum pernah mencoba Ubuntu Touch langsung, cuma lihat-lihat dari review orang saja, tapi dari beberapa Tweet orang yang sudah mencobanya (salah satu yang saya follow adalah @stroughtonsmith), sepertinya Ubuntu Touch ini masih sebatas “OK” OS (not good, not bad).

Soal Ubuntu Edge ini, saya merasa sedikit bersalah kepada Canonical karena ada sedikit rasa bersyukur Ubuntu Edge belum sempat diluncurkan/diproduksi secara massal. Alasannya? Jangan sampai Canonical akan malu, telah merilis produk gagal (lupakan dulu soal Ubuntu Edge ini lahir dari penggalangan dana).

Tapi mungkin saya salah, mungkin pengembangan Ubuntu Edge terutama dari sisi software akan jauh lebih meningkat dari yang sekarang dan sudah lebih usable/good kalau seandainya penggalangan dana Ubuntu Edge berhasil. Tapi kalau seandainya tidak, Ubuntu Edge yang “terpaksa rilis” ini akan jadi seperti apa yang dikatakan @stroughtonsmith, yaitu “batu bata” $700 (tepatnya $695) yang hardwarenya akan jadi ketinggalan duluan sebelum softwarenya usable.