Jangan sepelekan proses membuka baterai, ceroboh sedikit iPhone Anda akan menjadi seperti gambar berikut.

iPhone

Jadi ceritanya, iPhone 5 miliki orang ini akan diganti baterainya karena katanya bermasalah. Nah pada saat ingin mengangkat baterai dari bodi iPhone, si pemilik tidak menggunakan perkakas standar yang biasanya ujungnya terbuat dari plastik. Si pemilik malah memakai obeng biasa dari logam untuk mencungkil baterainya. Tidak lama kemudian keluar asap dari baterai dan beberapa detik kemudian baterainya hangus berikut iPhone nya.

Reddit thread

Apa yang sebenarnya terjadi?

Pada saat mencungkil, ujung obeng yang digunakan tadi menusuk baterai. Mungkin tusukannya tidak dalam atau sampai tembus, tetapi karena lapisan pelindung baterainya agak tipis, maka kemungkinan besar ujung obeng menggesek sampai lapisan dalam baterai yang terbuat dari lapisan timah/perak dan menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting.

Dikutip dari artikel “Lithium-ion Safety Concerns” dari Battery University:

If, however, enough microscopic metal particles converge on one spot, a major electrical short can develop and a sizable current will flow between the positive and negative plates. This causes the temperature to rise, leading to a thermal runaway, also referred to ‘venting with flame.’

Demi Neptunus! Jangan mencungkil baterai dengan logam!

Pesan saya adalah:

  1. Jangan mengganti sendiri baterainya kalau Anda tidak punya pengalaman sama sekali, atau punya kebiasaan gugup/grogi pada saat membuka atau berurusan dengan komponen-komponen kecil.
  2. Jangan mengganti sendiri kalau Anda tidak punya alat-alat yang aman dan tepat!
  3. Jangan ceroboh menggunakan alat-alat sembarangan, kecuali Anda adalah MacGyver!
  4. Sebelum membuka baterai, sebaiknya amankan lingkungan kerja Anda. Jangan bekerja di tengah-tengah barang yang mudah terbakar. Just in case, bro.
  5. Usahkan pakai tenaga tukang servis saja deh, resikonya terlalu besar kalau dikerjakan oleh Anda sendiri.