iOS 8

Mari kita sambut iOS 8, sistem operasi mobile terbaru untuk iPhone, iPad dan iPod touch (iDevice) yang diperkenalkan Apple pada pembukaan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2014 beberapa hari yang lalu.

Dari sisi penampilan iOS 8 tidak berbeda dengan iOS 7 yang diperkenalkan tahun lalu. Anda yang berharap menemukan perubahan tampilan pada iOS 8 ini mungkin akan kecewa. Karena apa yang ingin diberikan Apple bukanlah pada tampilan, tetapi pada fitur-fiturnya.

Tapi tenang, Anda akan segera tahu mengapa Apple menyebut iOS 8 ini “Huge for developers. Massive for everyone else.”

1. Interactive notification

Intefactive notification
Notification center menjadi lebih powerful dengan adanya fitur Interactive notification.

Fitur ini membuat Anda bisa merespon setiap notifikasi yang membutuhkan respon Anda. Ada SMS yang masuk? Anda bisa langsung membalasnya (quick reply) dari banner yang muncul dari bar notifikasi tanpa harus membuka aplikasi pesan dan meninggalkan atau menutup aplikasi yang sedang berjalan. Bahkan bukan hanya untuk SMS, fitur ini juga bisa untuk Calendar, Mail, dan bahkan aplikasi pihak ketiga semisal Facebook dan lainnya.

Saat sebuah notifikasi dari Facebook muncul, misalnya, Anda bisa langsung membalasnya dengan menyapukan (swipe) bannernya ke bawah lalu membalasnya, dan kalau ingin mengabaikannya Anda cukup menyapukan ke atas.

2. Spotlight

Spotlight
Spotlight adalah kolom pencarian pada iOS yang bisa Anda akses dengan melakukan scroll ke bawah pada Home screen (pada pra-iOS 7 Spotlight terletak pada SpringBoard paling kiri). Pada iOS 8, kemampuan Spotlight lebih ditingkatkan lagi. Kalau sebelumnya Spotlight hanya bisa dimanfaatkan untuk mencari aplikasi (yang telah terinstall), pesan, nama kontak, dan konten-konten lain yang sifatnya lokal, di iOS 8 Spotlight bisa mencarikan Anda sebuah artikel, berita, lagu, film di iTunes Store serta aplikasi di App Store dan berbagai konten lain yang asalnya dari internet, alias tidak tersimpan di iDevice Anda.

Kata kunci apapun yang Anda masukkan, Spotlight akan menemukan konten yang terkait dengan kata kunci tersebut.

3. Messaging

Message
Pada iOS 8 aplikasi Messages diperbarui dengan beberapa fitur menarik. Anda bisa menamai sebuah grup percakapan, menambahkan dan menghapus anggota baru ke grup dengan mudah, mengaktifkan fitur “do not disturb” untuk topik-topik yang menggangu. Selain itu, Anda juga bisa membagikan lokasi Anda via pesan ke teman atau keluarga, memasukkan foto, rekaman suara, dan juga video ke pesan Anda.

4. QuickType

QuickType
QuickType adalah nama dari sebuah fitur pengetikan pada iOS 8 yang membuat pengetikan menjadi lebih cepat.

Pada saat Anda mengetik, akan muncul sebuah bar pada bagian atas keyboard yang berisi kata-kata yang diprediksi menjadi kata yang Anda ketik selanjutnya. Yang keren adalah, kata-kata prediksi ini cukup mengenali konteks pesan dan gaya bahasa Anda sehingga kata-kata yang menjadi sugesti menjadi lebih akurat.

Sebagai tambahan terhadap fitur keyboard, Apple kini mengijinkan kita untuk menggunakan keyboard pihak ketiga dan menggantikan keyboard bawaan di iOS 8. Salah satu yang cukup populer adalah SwiftKey.

5. iCloud Drive

iCloud Drive
iCloud Drive adalah iCloud + file system, dan ini menjadikannya sangat mirip dengan layanan cloud storage lain yang Anda kenal sebagai.. Dropbox. iCloud sendiri sudah menyediakan iWorks (Pages + Numbers + Keynote) dan kini Anda diberikan kemudahan untuk menyimpan dokumen-dokumen hasil kerja Anda di iCloud yang bisa diakses dari Mac, iDevice dan PC.

6. Family Sharing

Family Sharing
Sesuai dengan namanya, Family Sharing adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi media dan konten ke maksimal 6 buah perangkat.

Selain konten, dengan Family Sharing Anda juga bisa menggunakan Find My iPhone untuk siapapun dalam (perangkat) keluarga Anda. Jadi, Find My iPhone akan mendaftarkan perangkat-perangkat yang Anda miliki sehingga ketika sebuah perangkat hilang, perangkat lain bisa langsung melacak keberadaannya.

Dan satu lagi keuntungan dari Family Sharing ini adalah, pembelian konten di iTunes Store bisa dibagikan pada (maks) 6 orang/perangkat dengan kartu kredit yang sama.

Ketersediaan

iOS 8 Beta sudah bisa didownload bagi para developer, dan akan tersedia untuk publik (final) sekitar bulan September – Oktober 2014 nanti.