AKA Edge of tomorrow 2.

iPhone Air concept

Wow. Such concept. Very thin. No jack.

Sepertinya langkah Apple untuk move on dari jack 3.5 mm lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Apple baru saja memperkenalkan sebuah spec/standar untuk program MFi (Made For iPhone/iPad/iPod) yang memungkinkan perusahaan pembuat headphone untuk membuat headphone yang kompatibel atau dapat dihubungkan melalui port Lightning pada iPhone/iPad/iPod (iDevice).

Yup, Apple diam-diam telah mengirim pesan kematian kepada audio jack 3.5 mm.

iPhone 5 jack

Dikutip dari 9to5Mac:

We’ve learned Apple has quietly introduced a new specification for manufacturers in its Made-For-iPhone/iPad/iPod (MFi) program that allows them to create headphones that connect to iOS devices using a Lightning connector instead of the usual 3.5mm headphone jack.

The Lightning headphones will be capable of receiving lossless stereo 48 kHz digital audio output from Apple devices and sending mono 48 kHz digital audio input. The input means that the headphones will also support a microphone for audio input following Apple’s upcoming update.

Dari apa yang saya pahami setelah membaca artikel tersebut, headphone yang terhubung melalui port Lightning memiliki keuntungan dibanding audio jack 3.5 mm biasa, yaitu mampu menerima output audio stereo 48 kHz dan mengirim audio mono 48 kHz. Intinya, ini membuat kualitas audio pada iDevice menjadi lebih baik (CMIIW, btw, saya bukan expert di bidang ini).

Konsep

Konsep “iPhone 5s” tanpa audio jack dari Rexplore.

Nantinya headphone yang kompatibel dengan port Lightning ini akan memiliki kontrol yang fungsinya lebih dari sekedar headphone biasa yang hanya bisa mengatur volume, menerima/menutup panggilan, atau skip lagu. Ini karena iDevice bisa memasok power/daya melalui Lightning ke aksesoris/headphone tersebut sehingga nantinya headphone yang terhubung menjadi semacam sebuah perangkat terpisah (dengan daya yang disuplai dari iDevices).

Akan ada dua konfigurasi MFi yang diijinkan oleh Apple untuk headphone Lightning:

  1. Standard Lighting Headphones: Untuk perangkat atau komponen sederhana.
  2. Advanced Lightning Headphones: Untuk perangkat hi-fi yang dilengkapi dengan fitur digital audio processing seperti active noise cancellation, dan semacamnya.

Lalu, apakah Apple akan membunuh audio jack 3.5 mm sepenuhnya pada produk mereka berikutnya? Bisa ya, bisa tidak. Mungkin belum tahun ini, atau tahun depan. Tapi yang pasti, arahnya sudah jelas, audio jack 3.5 mm akan hilang. Tapi kalau Apple mau secepatnya, mereka bisa saja mengeluarkan program “free audio jack 3.5 mm to Lightning adapter”, misalnya.

Bagi Apple, fungsi audio jack itu hanya satu, dan akan lebih baik kalau (fungsinya) digabung ke Lightning dan ruang sisanya dimanfaatkan. Oh ya, audio jack 3.5 mm juga salah satu penghambat “iWatch” untuk berukuran tipis.

Apple akan memanfaatkan ruang yang tersisa dari audio jack 3.5 mm ini untuk mempertipis iDevice sebisa mungkin. Ooh yess! Apple memang segila itu. Apple lebih memilih menipiskan iPhone daripada memasukkan baterai yang lebih besar, dan Apple sudah membuktikannya.

Lalu, katakanlah audio jack 3.5 mm telah absen, bagaimana kalau pengguna ingin mendengarkan lagu sambil nge-charge (charge and listen)? Saya belum ada ide tentang ini.

Tebakan saya adalah:

  • Apple akan merilis charger semacam ini:
  • Sony Ericsson charger.

  • Apple akan mengikutkan adapter tambahan ke paket iDevice yang modelnya seperti ini (mirip Lightning Digital AV Adapter):
  • Lightning Digital AV Adapter

  • Apple malah membuat dua lubang/port Lightning.
  • Apple akan memasangkan teknologi inductive/wireless charging untuk produknya di masa depan.

Di antara ketiganya, saya pikir akan lebih cocok yang terakhir. Alasannya simple, fitur “Hey Siri” di iOS 8 hanya aktif ketika iDevice dalam kondisi terhubung ke charger karena fitur tersebut butuh daya ekstra untuk membuat microphone harus selalu aktif/mendengar untuk menganalisa suara disekitarnya. Well, kedengarannya tidak begitu berguna setidaknya untuk sekarang ini.

Tapi dengan adanya fitur inductive/wireless charging, iDevice tidak perlu dicolok ke listrik, cukup ditempatkan di atas alat sejenis charging mat dan iDevice pun sudah bisa digunakan untuk mendengarkan musik atau ber-“Hey Siri” ria.

Ooh… dear jack 3.5 mm, kamu belum ditinggalkan aku sudah rindu.

BTW, kalau headphone Anda tiba-tiba ketinggalan jaman atau tidak bisa lagi dipakai tahun depan, salahkan Tim Cook!