Kabarnya ada sangat banyak foto-foto pribadi selebriti Hollywood telah disebarkan di Internet yang didapatkan dari hasil “iCloud hack”.

Dikutip dari The Verge:

It’s unclear how the images were obtained, but anonymous 4chan users said that they were taken from celebrities’ iCloud accounts.

Brutal.

Tapi, bagaimana cara foto-foto tersebut didapatkan masih “unclear“, yang jelas didapatkan dari akun iCloud mereka, dengan kata lain si pelaku/penyebar telah mengakses akun iCloud para selebritis tersebut. Ada beberapa skenario, bisa karena phising (halaman login palsu), social engineering, layanan chat pihak ketiga yang kena hack, atau juga karena bruto force password yang lemah, dan lain sebagainya.

Bagaimanapun caranya, ini akan jadi minggu yang sibuk buat Apple. Berita soal layanan Apple yang “dibobol” plus berita beredarnya foto-foto pribadi selebritis Hollywood akan membuat berita ini cepat tersebar. Orang-orang yang awalnya cuek atau tidak tahu tiba-tiba menjadi aware, ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, dan bagaimana cara mencegahnya. Beberapa perusahaan penyedia layanan cloud storage, mungkin akan segera merilis pernyataan resmi soal berita ini terkait keamanan layanan mereka, ujung-ujungnya saling membandingkan keunggulan dengan yang lainnya. iCloud gets hacked? Perfect situation for fanboys and haters.

By the way…