“Laporan” TeknoUp (Media Gadget No 1 di Indonesia):

Pihak Apple mengatakan kasus #bendgate hanya menimpa 9 unit dari seluruh iPhone 6 yang dijual, namun tampaknya jumlah nyata iPhone yang terkena kasus bengkok ini lebih banyak dari yang diklaim Apple.

Ada perbedaan antara “hanya menimpa 9 unit” dengan “hanya 9 laporan”, setahu saya. Dan Apple memang mengklaim hanya ada 9 orang yang telah melaporkan (langsung). Apple mungkin saja tahu ada lebih banyak orang yang terkena masalah tersebut, tetapi menangis kesakitan di sosial media tidaklah masuk hitungan “melaporkan”, karena orang-orang tersebut tidak melalui proses komplain yang benar.

Just in case Appbuntu disebut sebagai Media Penyebar Informasi Salah No 1 di Indonesia, ini pernyataan resminya, dikutip dari Re/code:

Apple said only nine customers complained of a bent iPhone 6 Plus in response to reports of problems with the svelte but large smartphone.

Dan ini dari The Verge:

With normal use a bend in iPhone is extremely rare and through our first six days of sale, a total of nine customers have contacted Apple with a bent iPhone 6 Plus.