Bagaimana kalau Material Design “diterjemahkan” ke desktop Linux? Well, Quartz OS Quantum OS adalah jawabannya. Quantum OS adalah sistem operasi berbasis Linux (atau, sebut saja distro Linux) yang mengimplementasikan antarmuka Material Design.

Update:
Quartz OS berubah menjadi Quantum OS.

Quantum OS

Dari blog Quantum OS:

Welcome to Quantum OS! We are working on developing an operating system based upon Linux which conforms to Google’s Material Design guidelines.

Saya sebenarnya suka dengan tampilan Material Design (aka iOS 8 versi kartun), tapi.. yet another distro dengan sebuah desktop environment baru (Quantum Shell)? Quantum OS pasti benar-benar bagus kalau bisa membuat saya tertarik mencobanya.

Katanya sih kandidat OS yang akan digunakan sebagai dasar Quantum OS ini hanya dua, yaitu Arch atau Ubuntu, dan Arch menjadi yang terkuat dan kemungkinan besar yang akan digunakan. Menurut developernya alasannya adalah karena packaging manager yang simple, ringan dan konsep rolling release-nya.

Tidak ada masalah dengan Arch, tapi saya berharap itu Ubuntu. ’cause you know, APT/.deb.

We plan to initially leverage an existing operating system, most likely Arch or Ubuntu. Arch is a strong possibility because of the simple packaging manager, lightweight base system, and the rolling release concept. Our goal is to base our work on the latest upstream versions available, with no patches or modifications, so our work will run on any base Linux distro that supports Wayland.

Sambil menunggu perkembangan terbaru dari Quantum OS yang saat ini baru dalam tahap konsep/mockup, kita juga bisa menunggu tim Evolve OS dan Numix Project mengumuman tema Material Design dari mereka yang kabarnya dibuat berbasis GTK.