Pangu jailbreak tool

Tim jailbreaker @PanguTeam telah merilis Pangu8, program jailbreak untuk iOS 8.0 – 8.1 sejak beberapa minggu yang lalu. Tetapi versi awal Pangu8 masih sangat terbatas penggunaannya (tampilan berbahasa Mandarin), masih banyak bug, tidak stabil, lebih cocok untuk developer saja, dan bahkan versi awalnya belum mengikutkan Cydia pada proses jailbreak.

Setelah beberapa perbaikan, akhirnya @PanguTeam merilis versi terbaru Pangu yang sudah cukup stabil dengan beberapa perbaikan bug, berbahasa Inggris, dan juga datang dengan versi Cydia terbaru yang lebih stabil dari versi-versi sebelumnya.

Secara tampilan Pangu8 (Pangu untuk iOS 8.0-8.1) ini tidak jauh berbeda dengan Pangu (Pangu untuk iOS 7.1). Untuk kompatibilitas, Pangu8 mendukung semua iDevice yang menjalankan iOS 8.0 sampai dengan iOS 8.1.

Persiapan

  1. Sebelum jailbreak, sebaiknya selalu membackup data-data Anda terlebih dahulu.
  2. Disarankan untuk melakukan jailbreak pada kondisi offline, yaitu dengan mengaktifkan Airplane Mode.
  3. Disarankan juga untuk menonaktifkan fitur passcode (Settings > Touch ID & Passcode, lalu Turn Passcode Off) dan juga menonaktifkan fitur Find My iPhone untuk sementara (Settings > iCloud > Find My iPhone).

Langkah-langkah jailbreak

  1. Download Pangu dari situs resminya di en.pangu.io.
  2. Hubungkan iDevice dengan komputer (dan backup via iTunes kalau belum),
  3. Jalankan Pangu8 yang telah didownload tadi,
  4. Begitu jendela program Pangu8 muncul, pastikan kalau iDevice Anda terdeteksi dengan baik (akan ditampilkan jenisnya dan versi iOS-nya).
  5. Klik tombol “Start Jailbreak” untuk memulai proses jailbreak.
  6. Saat mengklik Start Jailbreak, Anda akan diperingatkan kembali untuk melakukan backup data, matikan passcode, Find My iPhone dan atur iDevice ke Airplane Mode. Kalau Anda sudah menjalankannya (seperti pada persiapan di atas), klik tombol “Already did” untuk melanjutkan.
  7. Kalau sukses, iDevice akan reboot secara otomatis dan akan muncul ikon aplikasi Pangu dan Cydia di Home screen setelahnya. Selamat iDevice Anda telah terjailbreak!

Catatan

Tidak semua aplikasi/tweak-tweak Cydia kompatibel penuh dengan iOS 8.0 – 8.1. Pastikan Anda menginstall aplikasi atau tweak Cydia yang sudah kompatibel dengan versi iOS dan versi iDevice Anda. Untuk melihat daftar aplikasi dan tweak yang aman/kompatibel diinstall untuk iDevice Anda, silakan lihat tabel pada halaman ini.

Dikarenakan beberapa aplikasi dan tweak Cydia belum kompatibel penuh dengan iOS 8, maka Cydia Store (toko untuk membeli aplikasi/tweak Cydia) dinonaktifkan untuk sementara waktu oleh @Saurik.

Troubleshooting

iDevice yang diupgrade ke iOS 8.0/8.1 melalui metode OTA (over-the-air) biasanya akan gagal dijailbreak dengan Pangu, oleh karena itu disarankan untuk melakukan restore ulang via iTunes sebelum dijailbreak dengan Pangu.

Kalau Anda men-tap tombol “Update” di App Store dan aplikasi yang mau diupdate tersebut malah terbuka (bukannya terupdate), itu adalah bug pada iOS/App Store, tidak ada hubungannya dengan jailbreak karena masalah tersebut juga ditemukan pada iDevice yang belum/tidak dijailbreak. Trik sementara untuk mengatasi masalah ini bisa dilihat pada halaman ini.

Enjoy your jailbreak.