Nokia N1

Nokia baru saja memperkenalkan tablet Android terbarunya yang bernama Nokia N1, dan yang menarik selain desainnya yang familiar adalah Nokia N1 ini sudah mengusung konektor (Micro-USB) Tipe-C yang bersifat reversible alias bolak-balik.

Bagi yang punya iPhone 5 atau yang terbaru pasti sudah tidak asing dengan fitur seperti ini karena iPhone 5 sudah menggunakan port Lightning yang juga reversible. Tapi jangan harap kabel Lightning dari iDevice Anda cocok untuk Nokia N1 ini ataupun sebaliknya karena desain port USB pada Nokia N1 ini sudah sesuai standar USB, sedangkan desain Lightning itu proprietary milik Apple.

Perbedaan utama antara port USB Tipe-C dengan Lightning adalah, port USB Tipe-C punya pelat di tengahnya yang menjadikan kabel USB-nya sebagai “female”. Sedangkan port Lightning tidak ada pelat sama sekali. Struktur port ataupun kabel USB Tipe-C ini membuatnya lebih lemah dibanding port atau kabel Lightning.

Lalu pertanyaannya, kenapa desain keduanya tidak bisa sama/disamakan? Salahkan Apple karena mematenkan desain Lightning yang membuat USB Tipe-C tidak bisa memiliki model yang sama (tanpa pelat di tengah). Damn Apple! This is why we can’t have nice things. Alangkah bagusnya kalau desain seperti Lightning itu dijadikan standar :(

Agen Bola