Meizu MX4

Meizu MX4 (Foto via Coolsmartphone).

Inilah demo singkat dari Meizu MX4 yang menjalankan Ubuntu Touch yang dipamerkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2015.


Hardwarenya keren, softwarenya juga. Tapi satu hal yang mungkin agak mengganggu adalah bezelnya yang begitu tipis. Dari yang saya perhatikan, untuk memunculkan launcher harus diakses dari sisi luar bezel (edge-gesture). Kira-kira bagaimana akses ke launcher-nya kalau seandainya MX4 ini pakai case/pelindung ya (kalau ada)? Apakah akan mengganggu? Jujur saja hardwarenya sangat seksi, dan sangat sayang kalau tidak dilindungi dengan case.

Selain perkenalan dengan perangkat baru berbasis Ubuntu Touch, Canonical juga menunjukkan Ubuntu Touch yang berjalan di perangkat tablet (ARM).

Yang menarik adalah, antarmuka pada Ubuntu di tablet ini dapat berubah sesuai dengan aktivitas dari penggunanya.

Seperti yang Anda lihat, pada kondisi normal antarmukanya layaknya OS smartphone/tablet biasa. Namun begitu dihubungkan dengan mouse, secara otomatis antarmukanya berubah menjadi seperti tampilan desktop dengan jendela program yang terpisah yang bisa di-minimize pula. Begitupun kalau koneksi ke mouse diputuskan, maka antarmukanya kembali ke kondisi semula dan siap digunakan seperti tablet kembali.

Good job lah Canonical!