Sepertinya memang benar kalau efek animasi di iOS yang mulai muncul sejak iOS 7 terasa berlebihan atau bahkan kurang perlu pada beberapa tempat. William Van Hecke (@fet) bahkan bisa membuktikannya dalam sebuah video di mana ia membandingkan iPhone original (generasi pertama) yang masih menjalankan iOS 3 dengan iOS 8 pada iPhone 6.


Dari blog William Van Hecke:

…you have to wait for the overly long unlocking animation to finish before you’re allowed to swipe between home screens. After unlocking, I can usually make between four and seven swipes before one actually works.

Sebenarnya masalah utamanya bukan karena efek animasinya yang panjang, tetapi karena pada masa tersebut tidak ada input yang diperbolehkan. Jadinya pengguna harus menunggu sampai efek animasinya selesai dulu baru bisa memberi input ke layar. Tapi tetap saja, perbandingan dengan iOS 3 tersebut membuat iOS 8 jadi kelihatan lambatnya.

Bagi Anda pengguna iDevice yang sudah dijailbreak, Anda mungkin mau mencoba tweak dari Cydia yang bernama NoSlowAnimations yang bisa membuat iOS 7/8 pada iDevice Anda terasa lebih responsif dengan meminimalkan efek animasinya.