iOS apps
Seiring dengan diperkenalkannya iOS 7 ke publik yang membawa perubahan besar pada iOS terutama pada sisi tampilan, aplikasi-aplikasi yang ada di App Store juga mulai diperbarui oleh para pengembangnya masing-masing untuk beradaptasi. Selain dari sisi UI alias user interface (tampilan), juga pada sisi fitur.

Beberapa aplikasi yang sudah diperbarui ada yang dibuat kompatibel (backward compatible) dengan versi iOS sebelumnya (pra iOS 7) tetapi tidak sedikit juga yang sudah menghentikan dukungannya untuk versi lama dan menjadikan iOS 7 sebagai syarat untuk dapat menginstall aplikasi.

Akibat dari perubahan syarat ini banyak pengguna iPhone/iPad tua tidak bisa lagi mendapatkan pembaruan aplikasi di perangkat mereka karena versi yang mereka dapatkan tidak lagi didukung oleh pengembang aplikasinya. Yang paling parah adalah ketika banyak pengguna yang sama sekali tidak bisa menginstall aplikasi favorit mereka dikarenakan syarat versi iOS dari aplikasi favorit mereka itu sudah berubah, naik ke versi terbaru yang tidak lagi bisa didapatkan oleh pengguna iDevice tua.

Menyadari masalah ini, Apple akhirnya mengubah kebijakan dari App Store yang mengijinkan pengguna iDevice tua untuk dapat menginstall aplikasi yang masih cocok atau kompatibel dengan iDevice mereka. Ini artinya, pengguna bisa menginstall aplikasi yang versinya sedikit lebih tua tetapi masih kompatibel dengan iDevice mereka meskipun versi terbaru dari aplikasi tersebut mengharuskan iOS versi 7 atau di atasnya.

Lumayan lah, pengguna iPhone 3GS masih bisa ber-BBM-an dengan pengguna lainnya meskipun versi iOS terakhir untuk iPhone 3GS adalah versi 6.1.6 dan syarat install untuk BBM adalah iOS 7.

Jadi, kalau Anda mau menginstall aplikasi yang masih kompatibel dengan iDevice Anda yang sudah tidak lagi menerima iOS terbaru, Anda mungkin ingin mengikuti cara-cara berikut ini.

Syaratnya

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat mendownload versi lebih tua dari sebuah aplikasi.

  • Anda harus sudah pernah membeli atau mendownload aplikasi tersebut sebelumnya.
  • Versi iOS yang berjalan pada iDevice Anda setidak-tidaknya adalah iOS 4.3.3.
  • Sebenarnya kemampuan untuk mendownload aplikasi tua sudah ada sejak iOS 4.2, tetapi sebagian besar aplikasi yang Anda di App Store sudah dinaikkan syaratnya ke iOS 4.3. Jadi, dengan berada pada iOS 4.3.3 maka ada lebih banyak aplikasi yang tersedia buat iDevice tua Anda.

  • Aplikasi yang ingin Anda install pernah mendukung versi iOS yang berjalan pada iDevice Anda saat ini.
  • Misalnya, kalau Anda punya iPhone 3GS dengan iOS 6.1.6 dan ingin menginstall sebuah aplikasi yang versi awalnya adalah iOS 7, tidak pernah sama sekali dirilis untuk iOS 6, maka Anda tentu saja tidak akan bisa menginstall aplikasi tersebut.

Kalau Anda mencoba mendownload sebuah aplikasi untuk pertama kalinya, App Store tidak akan menyarankan Anda mendownload versi tuanya. Kuncinya adalah Anda harus sudah pernah memiliki aplikasi tersebut sebelumnya.

Tetapi, seandainya Anda belum pernah memilikinya sama sekali, ada satu trik, yaitu membeli/mendownload aplikasi tersebut melalui iTunes Store dari PC atau Mac menggunakan Apple ID yang terdaftar pada iDevice tua Anda itu. Begitu Anda sukses membeli/mendownloadnya, aplikasinya akan diasosiasikan dengan akun Anda dan App Store akan menyarankan Anda untuk mendownload versi tuanya ketika Anda mencoba menginstallnya dari iDevice tua Anda.

Perlu diingat juga, bahwa tidak semua aplikasi tersedia versi tuanya. Tergantung pada pengembang aplikasinya juga. Kalau Anda tidak menemukan aplikasi yang Anda inginkan, silakan hubungi pengembang aplikasinya dan ceritakan kesedihan Anda.

Jangan mencoba untuk langsung menginstallnya dari iTunes, karena versi yang terdownload dari iTunes adalah versi terbaru yang tidak akan kompatibel dengan iDevice tua Anda.

Langkah-langkahnya

  1. Jalankan iTunes dari PC atau Mac Anda, dan pastikan kalau Anda sudah login dengan Apple ID milik Anda.
  2. Kalau aplikasi yang Anda incar belum pernah Anda download sebelumnya, Anda tinggal mencarinya dan mendownloadnya dari iTunes.
  3. Kalau Anda sudah pernah membeli atau mendownloadnya (atau misalnya Anda baru saja selesai di-download dari iTunes), buka menu Purchased pada iTunes (logo profil > Purchased) dan periksa apakah aplikasinya sudah masuk ke daftar tersebut.
  4. Kalau ya, beralih iDevice Anda dan lakukan hal yang sama (buka App Store, ke menu Purchased, lalu cari aplikasi yang ingin Anda install).
  5. Begitu Anda men-tap tombol Download, akan muncul pesan yang menyarankan Anda untuk mendownload versi tua dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, konfirmasikan untuk melanjutkan proses instalasi.

Finish! Sekarang Anda sudah bisa menginstall BBM atau aplikasi media sosial lainnya di iPhone 3GS Anda.

Lakukan langkah-langkah yang sama dengan yang di atas untuk setiap aplikasi yang ingin Anda install (fungsi iTunes di PC untuk mendownload aplikasi bisa digantikan dengan iPhone/iPad iOS terbaru kalau seandainya Anda punya beberapa iDevices. Misalnya, iPhone 3GS dan iPhone 5, dsb.).

Good luck.

Referensi:
[Apple Support]