Microsoft punya paten yang memungkinkan pengguna untuk melakukan booting langsung ke sistem operasi atau “mode” tertentu yang dipilih atau diperlukan oleh pengguna. Pengguna bisa booting ke sistem yang terpisah dengan full OS, khusus untuk fitur tertentu saja.

Dikutip dari Neowin:

United States Patent number 9,003,173 was awarded to Microsoft two days ago, being titled “Multi-OS (operating system) boot via mobile device”. In it, Microsoft engineers and lawyers describe a way of using multiple operating systems to provide different functionality on mobile devices.

The “innovation”, as it’s described in the patent, allows a user or the device to select the OS necessary to perform certain tasks, or offer limited functionality faster. For example, instead of booting into full Windows, a handset may first boot into a lite OS that allows users to quickly dial an emergency number, instead on having to wait for the complete operating system to load.

Contoh paling nyata untuk perangkat yang memiliki kemampuan yang mirip seperti (paten) ini adalah Galaxy Camera dari Samsung. Saat pertama kali dihidupkan Galaxy Camera akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan kamera lainnya sebelum bisa dipakai untuk mengambil gambar. Ini karena sistem operasi (Android) yang harus dijalankan terlebih dahulu. Tetapi begitu perangkatnya sudah nyala, mode kamera akan lebih cepat diakses dari kondisi stand by.