Apa sudah ada yang dapat kiriman SMS prank dari teman yang bikin iDevices menjadi kacau dan reboot? Kabarnya bug berbasis teks ditemukan lagi di iOS/iPhone dan sempat bikin heboh karena caranya yang cukup simple dan banyak yang menjadi korban, terutama di Reddit dan Twitter.

Dikutip dari The Verge (via 9to5Mac):

Apple device owners have discovered a string of text characters that, when received on an iPhone in Messages, can lock people out of the app and — reportedly in some cases — crash the phone. Users who receive the string with Messages open won’t be able to go back to other conversations without crashing the app, while users who get the string on their lock screen won’t be able to open the Messages app entirely.

Isi SMS yang dimaksud adalah teks yang mengandung karakter (string) seperti pada gambar di bawah ini..

iOS CoreText bug

So, kenapa teks atau karakter seperti itu dapat menyebabkan crash pada iMessage? Singkatnya adalah karena memory leak.

Setiap karakter memiliki nilai Unicode yang memberitahukan aplikasi harus menampilkan apa. Entah itu huruf, angka, tanda baca dan lainnya. Salah satu atau beberapa dari barisan karakter yang mengandung font Arab pada pesan tersebut tidak dapat dirender oleh aplikasi pesan iOS (dalam hal ini Messages) dengan sempurna karena adanya bug dan kemudian memakan memori lebih banyak dari biasanya yang memaksa sistem/iOS harus membunuh process paling besar yang sedang berjalan, yaitu SpringBoard. Dan karena SpringBoard adalah elemen yang mengelola Home screen, ikon-ikon, layout dan lainnya, maka begitu pesan yang mengandung karakter seperti ini masuk, iPhone akan reboot secara otomatis, meskipun pesannya tidak dibaca.

Tetapi dari beberapa laporan, ternyata tidak semua pengguna iPhone mengalaminya. Hanya iPhone yang memorinya cukup saja (alokasi memorinya cukup pada saat menerima SMS) yang bisa selamat. Meskipun katanya iPhone akan menjadi sangat lag alias lambat untuk digunakan.

Kalau Anda korban dari kejahilan teman dari SMS seperti ini, cobalah menyuruh seseorang untuk mengirim pesan biasa (atau gambar) ke Anda sekali lagi