Steve Jobs announce iPhone 5

Saya sering mendengar orang mengatakan seperti itu, bahwa iPhone 4S adalah karya atau iPhone terakhir dari Steve Jobs. Bukan hanya satu, tapi cukup banyak yang percaya.

Tapi saya tidak percaya kalau iPhone 4S adalah karya terakhir Steve Jobs, sebelum meninggal. Saya percaya kalau iPhone 5 dan iPhone 6 masih berada dalam kendali Steve Jobs.

“Terus, Tim Cook bikin apa selama ini?”

Ya… jadi bos Apple kan?

Hanya karena saya berpendapat bahwa (desain) iPhone 5 dan iPhone 6 masih di bawah kendali Steve Jobs sebelum meninggal, bukan berarti Tim Cook tidak punya kerja apa-apa selama rentan waktu tersebut (btw, Steve Jobs bukan desainer produk, tetapi bos).

Sebelum meninggal, Steve Jobs adalah big boss Apple. Dan Steve Jobs adalah salah satu atau mungkin satu-satunya orang yang mengetahui semua rencana dan rancangan produk-produk Apple sampai beberapa tahun ke depan.

Ya, iPhone 4S memang diperkenalkan pada Oktober 2011, sehari sebelum Steve Jobs meninggal. Tapi, hanya karena tanggalnya yang berdekatan bukan berarti iPhone 4S adalah karya terakhir dari Steve Jobs.

Saya tidak tahu pasti kapan rancangan iPhone 4/4S disetujui oleh Steve Jobs, yang saya tahu pasti bukan tahun 2011, pasti jauh sebelum itu. Kemungkinan besar desain iPhone 4/4S sudah dirancang sejak tahun 2008 atau 2009 yang ketika itu iPhone 3GS baru diperkenalkan. Tentu saja hal ini tidak mustahil karena Apple tentunya tidak merancang iPhone satu tahun sebelum diluncurkan.

For your information, iPhone generasi pertama sudah dikembangkan sejak tahun 2005, dan diluncurkan baru pada tahun 2007. Pengembangan tablet Apple (yang nantinya menjadi iPad) bahkan sudah dimulai sejak tahun 2003.

Jadi, apakah desain iPhone 5 dirancang sebulan setelah Steve Jobs meninggal sehingga Steve Jobs sama sekali tidak tahu apa-apa soal iPhone 5? Saya rasa tidak mungkin.

Apple had designed iPhone 5 before death of Steve Jobs“:

At a meeting with the San Francisco district attorney, George Gascón, who is keen to cut phone thefts in the region, Apple’s liaison officer Michael Foulkes is reported by the San Francisco Examiner to have said the designs for the next two phones “preceded Tim Cook [being chief executive]”.

That would mean that both one phone due to be launched this year, as well as the iPhone 5, were already planned before Steve Jobs,

Pertanyaannya, desain seperti apa dan iPhone generasi keberapa yang masih diketahui (dan diiyakan) oleh Steve Jobs sebelum meninggal? Dengan berasumsi bahwa saat Apple memperkenalkan iPhone 4S ke publik Apple sudah mempersiapkan setidaknya dua model untuk iPhone berikutnya, maka saya rasa kalau iPhone 5/5S dan iPhone 6 adalah yang “terakhir” dari Steve Jobs, meskipun belum sempat melihat produk jadinya. Itupun saya tidak 100% yakin, bisa jadi iPhone setelah iPhone 6 masih di bawah persetujuan Steve Jobs dulu.

Nah, kembali ke pertanyaan sebelumnya, “terus Tim Cook bikin apa?”

Hmm… bikin iPhone 5C mungkin?

Saya rasa selama ini Tim Cook hanya menjalankan apa yang sudah disetujui Steve Jobs. iPhone 5 memang diluncurkan setelah Steve Jobs meninggal, tapi bukan berarti itu adalah hasil “karya” Tim Cook.