Kabarnya, Apple telah mengajukan permohonan paten untuk metode membuat sebuah material baru yang menyerupai logam yang bisa digunakan sebagai casing iPhone.

Antenna lines

Kalau Anda perhatikan desain dari iPhone 6 atau desain rata-rata smartphone terbaru saat ini, meski modelnya berbeda setiap smartphone memiliki garis-garis di pinggiran bodinya. Itu adalah “antenna break lines” atau garis pemisah antena. Garis-garis pada smartphone ini fungsinya bisa berbeda, misalnya:

  • memisahkan pelat-pelat antena eksternal (seperti pada iPhone 4/4S)
  • memisahkan komponen yang menutupi bagian antena dan casing utama (seperti iPhone 5/6).

Aluminium bisa menghalangi gelombang radio, makanya tidak ada smartphone yang casing belakangnya ditutupi aluminium secara penuh. Untuk itu, bagian casing yang menutupi bagian antena smartphone tidak boleh dari aluminium, harus bahan lain yang tidak mengganggu sinyal radio. Misalnya, plastik atau kaca.

Apple mulai memperkenalkan garis-garis ini sejak iPhone 4. Antena pada iPhone 4 letaknya di luar, semuanya berada di pinggiran bodi yang terbuat dari logam. Sedangkan bodi belakang iPhone 4 terbuat dari kaca. Dan ini menurut saya adalah kombinasi bahan yang cukup banyak ditiru dan bisa Anda temukan pada smartphone-smartphone terbaru, di tahun 2015.

Untuk iPhone 5 desainnya lain lagi. Apple sudah beranjak dari desain iPhone 4/4S. Apple menggunakan dua jenis bahan untuk casing iPhone 5, yaitu aluminium dan kaca. Aluminium sebagai casing utama, dan kaca… yup, untuk menutupi bagian antena yang posisinya di bagian belakang atas.

iPhone 5c menggunakan casing plastik, jadi tidak ada garis-garis pemisah. Sedangkan pada iPhone 6 Apple tidak lagi menggunakan kaca. Sebagai gantinya, adalah bahan yang warnanya sama dengan casing utama. Tetapi karena desain antena iPhone 6 yang sedemikian rupa, iPhone 6 sepertinya terpaksa memiliki garis-garis antena yang mencolok. Cukup mengganggu keindahan sebuah smartphone yang notabene dibuat oleh perusahaan yang sangat memperhatikan visual produknya.

Tapi, nampaknya garis-garis pemisah antena itu akan menghilang pada iPhone generasi mendatang. Material yang diciptakan Apple ini dikatakan bersifat non-capacitive alias transparan terhadap gelombang radio dan memiliki penampilan seperti logam.

Halaman paten:

The composite structure can be part of an enclosure of an electronic device. The composite structure can give the enclosure a metallic look without interfering with the functioning of some electronic components of the electronic device,

Ini artinya iPhone bisa memiliki warna casing yang senada, dengan bahan yang sama, tapi tanpa garis-garis pemisah antena. Karena meskipun bahan casingnya terasa seperti logam, tapi sifatnya tidak mengganggu.

+1 untuk yang tidak suka pakai case/cover.