iFIle

iFile adalah aplikasi Cydia yang berguna sebagai file manager untuk iOS. Karena fungsinya ini iFile menjadi salah satu aplikasi yang wajib diinstall setelah melakukan jailbreak pada iDevices.

Selain bisa digunakan untuk mengekstrak, mengompress file, dan menginstall file .DEB, salah satu fitur penting yang ada pada iFile adalah fitur Search, alias fitur cari. Dengan fitur ini pengguna bisa mencari file-file atau direktori/folder pada file system yang tidak bisa ditemukan dengan aplikasi biasa.

Namun ada satu masalah dengan fitur cari pada iFile (per artikel ini ditulis), yaitu terdapat bug yang cukup menggangu: sistem akan crash ketika pengguna menghapus file yang muncul dari hasil pencarian. Oleh karena itu kalau Anda sering menggunakan iFile untuk menelusuri file system, jangan menghapus file dari hasil pencarian iFile!

Bug ini menyebabkan item pertama dari direktori awal pengguna akan ikut terhapus. Sebagai contoh, ketika pengguna melakukan pencarian dari direktori root (/) maka saat menghapus file yang muncul dari hasil pencarian tersebut bug pada iFile ini akan ikut menghapus item pertama dari direktori /, yang merupakan direktori awal saat pengguna melakukan pencarian. Item pertama pada direktori root adalah /Applications yang tidak lain adalah symbolic link dari aplikasi-aplikasi bawaan iOS dan aplikasi Cydia. Direktori yang akan terhapus bisa berbeda tergantung di mana lokasi awal pengguna melakukan pencarian.

Menghapus direktori direktori penting seperti /Applications akan menyebabkan iDevice Anda crash dan yang paling parah adalah harus direstore ulang.

Kalau ada file yang ingin dihapus tetapi tidak mengetahui lokasi pastinya, Anda boleh saja menggunakan fitur Search untuk mencari lokasinya, tetapi setelah itu kembalilah ke mode normal dan telusuri direktori demi direktori. Jangan sekali-kali menghapus file yang muncul dari hasil pencarian iFile.

**Tulisan ini akan diperbarui kalau versi terbaru iFile sudah dirilis**