Sejak mengganti laptop Acer saya yang sudah lama dengan laptop Dell (Inspiron 11 3138), hal (kecil) yang pertama yang saya rasakan adalah tidak adanya shortcut keyboard untuk mematikan layar.

Sebenarnya tombol multimedia (play, pause, search, brightness, dll) di keyboard Dell 3138 ini lumayan lengkap karena dirancang untuk berfungsi di Ubuntu dan Windows 8, tapi sayangnya tombol multimedia yang ada di jajaran tombol F ini tidak terdapat tombol khusus untuk mematikan layar, dan karena kebetulan masih ada tombol yang masih kosong, yaitu F10 maka saya berniat untuk mengatur tombol F10-nya dengan shortcut untuk mematikan layar.

Buat siapa saja pengguna laptop merk Dell, atau merk apapun yang tidak memiliki shortcut yang fungsinya untuk mematikan layar, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka System Settings, dan pilih Keyboard.
  2. Ubuntu System Settings

  3. Pada menu pengaturan keyboard, buka tab Shortcuts, pilih Custom Shortcuts lalu klik tombol “+” untuk menambahkan shortcut baru.
  4. Isi namanya sesuai dengan keinginan Anda misalnya “Screen off”, lalu isi xset dpms force off pada Command, lalu klik Apply.
  5. Keyboard shortcut

  6. Setelah nama dan command-nya terisi, klik label shortcut (di sebelah kanan nama shortcut) yang sudah jadi dan tekan F10 untuk menjadikannya sebagai shortcut.
  7. Anda bisa juga memilih tombol lain, misalnya F2, FnF10 ataupun kombinasi CtrlShiftO, CtrlAltK, dan sebagainya.

  8. Pada tahap ini pembuatan shortcut selesai, silakan dicoba :)