Seiring dengan berjalannya waktu, kepopuleran SHSH sudah mulai berkurang dan semakin dilupakan. Hal ini terjadi terutama karena iOS dan iDevices (iPhone/iPad/iPod touch) yang semakin diperketat keamanannya oleh Apple.

Bagi yang sudah lama di dunia jailbreak, atau paling tidak sudah hadir di komunitas jailbreak setidaknya 2-3 tahun belakangan pasti sudah tahu apa itu SHSH. Tetapi untuk pengguna baru iDevice yang baru saja merasakan jailbreak mungkin belum pernah dengar apa itu SHSH, kecuali sebelumnya pernah baca info tentang sejarah atau timeline jailbreak di iOS.

Karena itu muncullah pertanyaan, apa sih gunanya SHSH di saat sekarang ini? Masih perlukah?

Seorang developer bernama @notcom yang merupakan pembuat TinyUmbrella, yaitu program yang berguna untuk menyimpan SHSH untuk iDevice memberikan sedikit informasi dan saran mengenai SHSH:

  • Kalau iDevice Anda saat ini terjailbreak, simpan SHSH-nya sekarang juga.
  • Kalau iDevice Anda belum dijailbreak tetapi menjalankan versi iOS yang bisa dijailbreak, simpan SHSH-nya sekarang juga.
  • Kalau iDevice Anda menjalankan versi iOS yang belum bisa dijailbreak, mungkin saja SHSH masih berguna suatu saat.

Untuk yang poin terakhirnya, @notcom menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa sebuah program yang memungkinkan downgrade (melakukan restore ke iOS versi lama) untuk iDevice akan dirilis. Sayangnya @notcom tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut karena itu bukan haknya dan ia sendiri masih menunggu keputusan dari si pembuat program tersebut.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mengikuti saran @notcom tersebut, kalau saja Anda ingin memiliki kesempatan untuk melakukan downgrade di masa mendatang.

Untuk menyimpan SHSH iDevice Anda, silakan download Tiny Umbrella di blog.firmwareumbrella.com dan ikuti tutorial di bawah ini.