Pada pengumuman iOS 9, Apple juga meyakinkan pengguna bahwa ukuran ruang kosong yang dibutuhkan untuk mengupdate ke iOS 9 via OTA akan lebih kecil dibanding versi-versi sebelumnya.

iOS 9 updates

Pada perilisan versi iOS sebelumnya, contohnya pada kasus iOS 8, Apple mendapat protes keras dari banyak pengguna mengenai ukuran ruang kosong yang dibutuhkan untuk melakukan update iOS via OTA (over the air).

Banyak pengguna yang merasa tidak siap untuk melakukan update dikarenakan syarat ukuran ruang kosong yang dibutuhkan terlalu besar, yaitu berkisar antara 4 GB sampai dengan 6 GB. Apple dianggap tidak peduli terutama pada pengguna iPhone dengan kapasitas kecil. Akibatnya, banyak pengguna yang terpaksa menghapus aplikasi dan data-data di iDevices mereka untuk bisa melakukan update iOS 8 via OTA.

Berita baiknya, Apple sepertinya mendengar dan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk perilisan iOS 9. Mungkin Apple bisa cuek dengan protes konsumennya, tetapi saya rasa lambatnya tingkat adopsi iOS 8 di awal peluncurannya cukup membuat Apple kerja keras untuk memperbaikinya.

Jadi, buat Anda pengguna iDevice dengan kapasitas yang rendah (8/16 GB), selamat menunggu rilisnya iOS 9 yang menurut janji Apple hanya akan membutuhkan ruang kosong tidak lebih dari 2 GB.