Unity adalah antarmuka bawaan untuk Ubuntu.

Unity 8 adalah versi berikut dari Unity yang dijadwalkan akan diluncurkan bersamaan dengan Ubuntu 16.10 pada Oktober 2016. Pada dasarnya Unity 8 tidak begitu berbeda dari Unity 7 yang saat ini bekerja dengan baik untuk desktop Ubuntu, namun salah satu perubahan utama yang dibawa Unity 8 adalah kemampuannya beradaptasi pada layar yang berbeda, yaitu pada desktop dan smartphone/tablet.

Jadi, dengan Unity 8, pengguna dapat menghubungkan smartphone/tablet yang bertampilan mobile ke monitor (dan mouse dan keyboard) untuk mendapatkan tampilan desktop. Unity 8 pada smartphone/tablet akan beradaptasi dengan layar monitor sehingga program yang ada di smartphone/tablet tersebut tetap bisa berjalan dengan lancar dari monitor. Konsep ini disebut sebagai convergence atau konvergensi, yang merupakan konsep awal pengembangan Unity sejak tahun 2010.

Mir adalah display server yang dikembangkan oleh Canonical untuk menggantikan X Window System di Ubuntu.

Dalam dunia Linux, display server adalah program pada sistem operasi GNU/Linux yang bertugas untuk mengkordinasikan input dan output dari pengguna ke sistem operasi dan sebaliknya. Dengan kata lain, display server adalah program yang membuat hardware dan program bisa berkomunikasi, dan menampilkan grafik di layar.

Mir dikembangkan secara khusus sebagai the next generation display server untuk menggantikan X di Ubuntu yang dianggap sudah tua. Mir dikembangkan untuk mengimbangi Unity 8 yang diharapkan mampu memberikan pengalaman penggunaan terbaik antar perangkat.