Umumnya cara untuk menghilangkan jailbreak atau “unjailbreak” adalah dengan mengembalikan iDevice ke konfigurasi awal dengan cara melakukan restore dari iTunes. Restore adalah sebuah proses menginstall ulang iOS ke iDevice (via iTunes). Dengan melakukan restore, iDevice yang sebelumnya dalam kondisi terjailbreak akan kembali normal seperti baru, semua data akan hilang dan file-file yang sudah dimodifikasi sebelumnya akan kembali ke kondisi semula. Persis seperti baru dibuka dari dus.

Sebenarnya untuk mengembalikan iDevice ke konfigurasi awal bisa juga dengan mereset (hard reset) iDevice dari pengaturan, hanya saja cara ini tidak disarankan pada iDevice yang sudah dijailbreak karena akan menyebabkan bootloop (gagal booting, atau booting yang berulang-ulang dan tidak bisa masuk ke menu utama). Karena itu restore adalah cara yang umum digunakan untuk menormalkan iDevice yang sudah dijailbreak karena kalaupun direset, iDevice akan mengalami bootloop dan ujung-ujungnya iDevice tersebut harus direstore juga.

Tapi, syarat untuk melakukan restore adalah versi iOS yang akan diinstall ulang haruslah versi terbaru. Padahal konsekuensi dari restore ke versi terbaru adalah pengguna akan kehilangan jailbreak sekaligus kehilangan kesempatan untuk jailbreak.

Cydia Impactor

Cydia Impactor atau singkatnya Impactor adalah tweak atau program Cydia yang dibuat oleh @saurik yang berguna untuk menghapus dan mengembalikan segala perubahan yang ada pada iDevice (karena jailbreak) ke kondisi awal atau “stock” tanpa menaikkan versi iOS dari iDevice tersebut.

to remove and revert all changes made to the device and return it to “stock” Apple iOS software without updating to a new version of iOS.

Intinya, Impactor adalah cara menghilangkan jailbreak tanpa harus restore dari iTunes.

Impactor adalah jawaban Saurik untuk pengguna yang ingin menghilangkan jailbreak tanpa harus kehilangan kesempatan jailbreak yang dianggap adalah sebagai sebuah kelebihan atau nilai tambah, terutama untuk iDevice yang akan diberikan atau dijual ke orang lain.

Impactor vs. …

Membaca deskripsi dari Cydia Impactor mungkin akan mengingatkan Anda dengan program-program yang fungsinya mirip, seperti iLEX RAT (Cydia) dan Semi-Restore (PC/desktop). Ya, memang mirip, tetapi secara fungsi Impactor berbeda dengan iLEX RAT dan Semi-Restore.

iLex Rat is a app which helps iPhone users to get rid of messed Cydia tweaks and dependencies. iLEX RAT will bring your iPhone or iPad back to it’s original state. But it’ll not harm or damage to your Jailbroken state.

iLEX RAT akan menghapus semua aplikasi dan tweak Cydia dan semua konfigurasi yang diubah atau dimodifikasi oleh pengguna pada saat jailbreak ke kondisi semula.

Semi-Restore akan menghapus semua aplikasi dan tweak Cydia, aplikasi-aplikasi pihak ketiga dari App Store, data-data dan file pengguna (kontak, catatan, foto, dlll), konten multimedia, dan data-data pribadi lainnya. Sesuai dengan namanya, Semi-Restore sangat mirip dengan restore biasa dari iTunes, tetapi Semi-Restore tidak menghilangkan jailbreak.

Pada dasarnya yang dikerjakan iLEX RAT dan Semi-Restore sama saja, yaitu menghapus semua aplikasi dan tweak Cydia serta seisi iDevice layaknya proses restore, tetapi masih mempertahankan status jailbreaknya karena beberapa tweak pendukung jailbreak masih ada. Artinya, setelah menjalankan program ini iDevice akan tampak normal seperti baru direstore tetapi sebenarnya masih dalam kondisi terjailbreak.

Sedangkan pada Cydia Impactor, semua aplikasi dan tweak Cydia termasuk Cydia itu sendiri, dan semua file dan data-data pengguna dihilangkan. Semua file-file yang rusak atau sudah dimodifikasi akan dikembalikan ke kondisi awalnya sehingga iDevice benar-benar seperti baru.

iLEX RAT dan Semi-Restore = “restore” tanpa kehilangan jailbreak.
Cydia Impactor = Restore yang menghilangkan jailbreak, tetapi tanpa upgrade iOS.

Cara kerja Cydia Impactor

Cydia Impactor memanfaatkan file OTA yang didownload langsung dari server Apple. File OTA yang dimaksud adalah file update yang diterima pada saat proses update secara wireless (over the air). Tetapi meskipun menggunakan file OTA, Impactor tidak menerapkan pembaruan OTA yang didownload langsung ke iDevice.

Kira-kira begini penjelasan sederhananya..

Pada saat Impactor akan memulai proses penghapusan, tahap pertamanya adalah Impactor akan memeriksa file-file apa saja yang sudah berubah dari aslinya. Setelah membandingkan file-file di iDevice dan diketahui file-file apa saja yang sudah berubah/dimodifikasi ataupun sudah dihapus, Impactor akan memasukkan nama file yang sudah termodifikasi/terhapus itu ke sebuah daftar yang nantinya akan didownload.

Impactor kemudian mendownload file-file yang ada dalam daftar tadi dari server update OTA milik Apple.

Setelah file-file yang perlu didownload sudah didapatkan (Impactor tidak mendownload file OTA secara keseluruhan, tetapi hanya sebagian kecil saya, ukurannya berkisar ~10 MB), Impactor akan menghitung kembali mana file yang perlu diganti dan mana yang tidak (karena masih original).

Kemudian semua file-file yang baru saja didownload dipindahkan ke partisi pengguna, dan semua file-file data dari sistem dipindahkan kembali ke partisi sistem (awalnya sebagian data dari partisi sistem dipindahkan ke partisi pengguna, tujuannya biar partisi sistem yang ukurannya lebih kecil dari partisi pengguna tidak cepat penuh dengan file-file instalasi Cydia).

Setelah semua file sudah berada pada tempatnya (file original yang didapatkan dari file OTA menggantikan file yang sudah dimodifikasi), Impactor kemudian menghapus semua data-data pengguna.

Setelah proses penggantian file dan penghapusan data pengguna selesai, iOS akan menjalankan “reset all content and settings” secara otomatis. Proses ini sering disebut sebagai hard reset, dan pada tahap ini hard reset sudah aman dilakukan karena semua file-file yang berhubungan dengan jailbreak sudah terhapus.

Pada saat iDevice dinyalakan, iOS akan kembali ke kondisi normal atau “stock”, bagaikan baru direstore dari iTunes.

Pada tahap ini iDevice tidak lagi dalam kondisi jailbreak, tetapi tetap masih bisa dijailbreak karena versi iOS-nya tidak berubah sama sekali.

Menjalankan Cydia Impactor

Pada saat artikel ini ditulis, Cydia Impactor masih dalam status beta, tetapi fungsinya sudah bisa berjalan dengan baik.

Cydia Impactor cocok untuk iDevice yang berjalan pada iOS 8.1 sampai dengan iOS 8.4.

Peringatan!
Fungsi dari Cydia Impactor adalah untuk menghapus data-data dan mengembalikan iDevice ke konfigurasi awal, seperti sedia kala.

Untuk menginstall Cydia Impactor, buka Cydia dan cari “cydia impactor”, lalu install. Setelah terinstall, akan muncul ikon bernama “Impactor” di Home screen.

Untuk memulai proses restore alias unjailbreak, tap pada tombol yang bertuliskan “delete all data and unjailbreak device”.

Pastikan koneksi internet Anda cukup stabil karena Cydia Impactor perlu mendownload beberapa file dari internet.

Berikut tampilannya..

Berikut video tutorialnya..

Kalau semua proses berjalan dengan benar, iDevice akan kembali ke konfigurasi awal, dan Anda harus mengaktivasinya kembali, seperti biasa.

Sumber:
[Gambar: Endar Kendari (Facebook)]