Perbedaan “Safe Mode” dan “No Substrate mode”

Setiap kali seseorang menemukan masalah yang berkaitan dengan aplikasi atau tweak Cydia di perangkatnya yang sudah dijailbreak, ada orang yang langsung menyarankan untuk “booting ke safe mode dan hapus tweak yang error“, dan semacamnya. Sebenarnya sarannya sudah tepat, itu adalah cara yang dianjurkan untuk menangani aplikasi atau tweak Cydia yang bermasalah dan mengganggu sistem. Hanya saja, masih banyak yang bingung membedakan mana Safe Mode dan mana No-substrate mode.

Umumnya, ketika seseorang mengatakan “booting ke safe mode” yang sebenarnya dia maksud itu adalah “booting ke no-substrate mode”. Kedua istilah ini memang cukup mirip sehingga seringkali dipertukarkan penggunaannya, tapi sebenarnya ada perbedaan mendasar.

Apa bedanya Safe mode dan no-substrate mode?

Cydia Substrate

Cydia Substrate atau sering disingkat Substrate adalah suatu bagian dari jailbreak yang berfungsi sebagai kerangka, atau penopang kerja. Substrate lah yang memungkinkan tweak Cydia bisa berjalan dan berfungsi dengan normal sesuai dengan keinginan pembuatnya. Oleh karena itu, fungsi Substrate sangatlah penting.

Baca juga penjelasan lengkapnya di “Apa itu Cydia Substrate?“.

Safe mode

Safe Mode adalah fitur bawaan dari Cydia Substrate.

Sederhananya Safe mode adalah kondisi ketika perangkat iOS booting tanpa memuat aplikasi atau tweak Cydia. Pada kondisi Safe mode, yang dimuat hanya fitur iOS standar dan fitur penting dari Cydia/jailbreak saja. Dengan begini masalah-masalah yang muncul pada aplikasi/tweak Cydia yang bisa membuat SpringBoard (home screen pada iOS) mengalami crash bisa ditemukan dan diperbaiki.

Safe mode itu sebenarnya wajar terjadi terutama bagi orang yang suka mengutak-atik perangkatnya. Semua orang yang pernah melakukan jailbreak pada perangkatnya setidaknya pernah satu kali mengalami crash yang bisa mengaktifkan Safe mode.

Safe mode sesuai dengan namanya adalah mode aman, yang berguna untuk mengamankan iOS dari kerusakan berat yang bisa ditimbulkan oleh tweak yang bermasalah. Pada saat crash terdeteksi, Safe mode yang bertindak sebagai lapisan pengaman segera menonaktifkan semua aplikasi dan tweak Cydia sehingga pengguna bisa segera memperbaiki masalahnya.

Safe mode tidak menghilangkan Cydia, tetapi hanya menonaktifkan aplikasi/tweak nya saja sehingga memberikan kesempatan pengguna untuk menghapus aplikasi/tweak yang bermasalah tanpa harus melakukan restore ulang. Pada kondisi ini Cydia masih bisa dijalankan untuk menghapus aplikasi/tweak yang bermasalah.

Safe mode ditandai dengan munculnya pesan “We apologize for any inconvenience but SpringBoard has just crashed” yang berisi tombol OK, Restart, dan Help. Pada kondisi Safe Mode, wallpaper akan menghilang dan terganti menjadi abu-abu dan akan muncul teks “Exit Safe Mode” di status bar yang bisa di-tap untuk memunculkan pesan Safe Mode dengan tombol Restart yang bisa membuat perangkat reboot ke kondisi normal, kalau seandainya masalahnya sudah diperbaiki.

Safe mode juga bisa diaktifkan dengan bantuan tweak Cydia semacam SBSettings, Activator, dan lainnya. Meskipun begitu, seseorang akan jarang dan tidak perlu mengkatifkan Safe mode kalau belum ada masalah.

No Substrate Mode

No-substrate Mode hampir sama dengan Safe mode. Keduanya menonaktifkan aplikasi/tweak Cydia.

No-substrate Mode adalah kondisi ketika Substrate tidak berjalan sama sekali. Pada kondisi ini semua aplikasi dan tweak Cydia yang bergantung pada Substrate akan nonaktif, dan tampilan iOS akan menjadi standar seperti baru, atau biasa disebut stock.

No-substrate mode bisa diaktifkan dengan me-restart perangkat dan menekan tombol volume atas (+) pada saat proses booting berlangsung. Cara lengkapnya seperti ini:

  1. Tekan tombol Power/Utama dan tombol home secara bersamaan.
  2. Pada saat logo Apple muncul, lepaskan kedua tombol dan segera tekan dan tahan tombol volume atas (+) sampai perangkat nyala dengan normal (muncul lockscreen).

Kalau prosesnya sukses, perangkat akan berada pada kondisi no-substrate. Pada kondisi ini tampilan iOS akan menjadi normal kembali dan tidak ada tweak yang bisa berjalan/dijalankan. Aplikasi atau tweak Cydia yang ter-install juga tidak tampil di Settings.

Di mode ini pengguna bisa mencari dari mana sumber masalah dan segera menyelesaikannya. Ketika masalah masih muncul walaupun semua aplikasi dan tweak Cydia sudah dinonaktifkan, itu berarti masalah yang terjadi tidak dipengaruhi oleh jailbreak.

Kesimpulan

Aplikasi atau tweak Cydia yang tidak kompatibel bisa membuat perangkat iOS/iPadOS bermasalah. Maka untuk mencegah terjadinya bootloop (reboot berulang-ulang) dan kerusakan lainnya, Safe mode akan menonaktifkan semua aplikasi/tweak secara bersamaan sehingga penyebab kerusakannya bisa diatasi oleh pengguna.

No-substrate adalah ketika perangkat booting tanpa Substrate sehingga semua aplikasi/tweak yang bergantung pada Substrate menjadi nonaktif.

Pada kondisi Safe mode masih ada ekstensi/tweak Cydia yang berjalan yaitu Mobile Safety. Ini adalah tweak yang menampilkan antar muka atau pesan Safe Mode yang berguna untuk memudahkan pengguna kalau ingin kembali ke mode normal. Pada kondisi no-substrate, semua tweak termasuk Safe mode tidak berjalan sama sekali.

Sebagai analogi, bayangkan saja kipas angin yang dinyalakan dari stop kontak.

Mencabut stok kontak = Safe Mode,
Mematikan saklar PLN = No-substrate mode.

Safe Mode = semua aplikasi/tweak dinonaktifkan tetapi Substrate masih aktif.
No-substrate = Substrate tidak berjalan sama sekali.

Semoga ini bisa membantu menghilangkan kebingungan bagi siapa saja, khususnya pemula jailbreak.