Karena penasaran dengan review-review positif (sebenarnya banyak juga yang negatif) dari Windows 10, plus sudah bosan diganggu dengan pop-up “reserve your free copy” yang sering muncul, akhirnya saya beranikan diri untuk mengupgrade laptop saya (DELL Inspiron 11 3138) ke Windows 10.

Akhirnya… sukses!!!

Sebelum diupgrade ke Windows 10, laptop ini sebenarnya dualboot (Windows 8.1 dengan Ubuntu 14.04 LTS). Dan setelah proses upgrade selesai, syukurlah tidak ada masalah pada GRUB-nya.

Setelah restart pertama kali pasca upgrade, GRUB langsung muncul, tidak ada perubahan sama sekali. Entry Windows pada GRUB tetap ada dan pada posisinya. Tidak ada grub rescue>, tidak perlu install ulang GRUB dari Live USB, dll.

Tapi…

Akibat dari proses upgrade itu Windows 10-nya jadi sangat lambat, slow as fuck. Ikon-ikon notifikasi sangat kurang responsif, tombol Start/Windows juga kurang responsif dan lambatnya bukan main sewaktu membuka “all apps”. Menu update (Windows Update) ternyata sudah dihilangkan dari Control Panel, dan hanya bisa diakses dari “Settings” yang lambatnya minta ampun. Bahkan setelah tiga hari pemakaian.

Saran buat yang situasinya sama dengan saya (dual boot dan ingin upgrade ke 10), mendingan Windows 10-nya di fresh install saja biarpun harus reinstall GRUB daripada harus upgrade yang ternyata membuat performanya sangat menurun.

Windows upgrade? 10/10 would not do again.