Seperti halnya orang lain yang di internet, pengembang atau developer jailbreak juga suka menjadi yang “pertama!” ( terutama mereka yang dari China). Pertama merilis jailbreak berarti sebuah kesuksesan untuk bisa mengamankan upah dari siapapun yang bersedia membayar sejumlah uang untuk bisa memanfaatkan celah keamanan iOS. Dan, selamat kepada tim Pangu (@PanguTeam) yang telah berhasil sekali lagi untuk merilis program jailbreak iOS 9, duluan.

Jailbreak iOS 9 ini dirilis hampir satu bulan bertepatan dengan rilisnya iOS 9 ke publik. Dan menurut saya satu bulan itu tergolong cepat. Bisa dibilang masih dalam masa “bulan madu” dengan iOS 9 yang artinya desakan (dari dalam hati) untuk melakukan jailbreak belum muncul (yang biasanya baru terasa 2-4 bulan setelah versi mayor dirilis ke publik).

Anyway, tetap saja, perilisan perilisan sebuah jailbreak tetap harus disyukuri, mau itu cepat ataupun lambat. So, buat siapapun yang mungkin sudah bosan dengan fitur bawaan iOS 9 dan sudah tidak sabar untuk melakukan jailbreak dengan tujuan apapun itu, silakan saja.

Sebelum jailbreak, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Jailbreak ini kompatibel untuk iDevice yang menjalankan iOS 9.0 sampai dengan 9.0.2.
  • Backup data Anda sebelum melakukan jailbreak demi mengantisipasi kegagalan yang terjadi yang mungkin menyebabkan hilangnya data-data pada iDevices Anda.
  • Jailbreak iOS 9 ini tidak dapat dilakukan pada perangkat yang sebelumnya diupgrade via OTA (over the air / upgrade lewat Settings). iDevice yang bisa dijailbreak adalah iDevice yang diupgrade ke iOS 9 melalui iTunes (fresh install).

Langkah-langkah jailbreak

  1. Buka situs resmi Pangu (http://en.pangu.io/) dan download programnya dari situ (saat ini hanya untuk komputer Windows saja).
  2. Backup iDevice via iTunes.
  3. Masuk ke Settings, dan nonaktifkan Find My iPhone (iCloud > Find My iPhone).
  4. Matikan juga Passcode (Touch ID & Passcode > Turn Passcode Off).
  5. Atur iDevice ke Airplane mode (lakukan ini setelah menonaktifkan Find My iPhone).
  6. Jalankan program Pangu (.EXE) yang sudah Anda download sebelumnya.
  7. Colokkan iDevice ke komputer dan tunggu sampai Pangu sukses mendeteksi iDevice Anda.
  8. Kalau sebelumnya Anda sudah melakukan backup, klik tombol Already Backup pada Pangu untuk melewatinya dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  9. Pada saat proses jailbreak berada pada 55% iDevice akan restart secara otomatis, dan saat restart selesai Anda perlu meng-unlock iDevice dan kembali mengatur iDevice ke Airplane mode.
  10. Proses jailbreak akan berlanjut, dan pada saat 75% iDevice harus diunlock kembali dan Anda harus menjalankan aplikasi Pangu (dari iDevice).
  11. Tunggu sampai proses jailbreak selesai, dan Cydia akan muncul pada Homescreen.
  12. Jalankan Cydia dan perbarui paket-paket yang perlu diperbarui.

Oh ya, setelah jailbreak sukses, jangan lupa untuk menyalakan Find My iPhone.

Kalau ada yang belum dimengerti silakan bertanya pada kolom komentar ;)

Troubleshooting

Beberapa masalah yang mungkin terjadi saat atau setelah proses jailbreak:

  • Error 0A pada saat jailbreak
  • Nonaktifkan pilihan “Encrypt backup” (ada di bagian Backups) pada iTunes.

  • Error /usr/libexc/cydia/cydo error(2)
  • Anda harus merestore ulang iDevice Anda dan mengulangi proses jailbreak.

  • Cydia tidak muncul di Homescreen setelah jailbreak
  • Buka aplikasi Photos sebelum Anda membuka aplikasi Pangu. Kemudian buka Pangu, ijinkan akses, dan tunggu sampai proses jailbreak berlanjut.

  • Cydia crash setelah jailbreak
  • Restore ulang iDevice lalu jailbreak ulang.