Ubuntu audio device

Beberapa hari yang lalu saya menemukan masalah di Ubuntu, atau lebih tepatnya di laptop saya yang menjalankan Ubuntu (14.04.3 LTS). Sebenarnya masalahnya sederhana saja, yaitu pop-up atau menu pemilihan audio device (seperti pada gambar di atas) tidak muncul pada saat saya mencolokkan headset ke laptop saya ini, padahal biasanya langsung muncul. Akibat dari tidak munculnya menu ini adalah keberadaan headset Samsung saya yang tercolok tidak dikenali sebagai sumber output utama, dan suara pun tidak di-switch dari external speaker (laptop) ke headset. Ini menyebabkan suara video/musik dikeluarkan dari speaker laptop dan headset secara bersamaan!

Sebenarnya solusinya gampang, tinggal reboot saja komputernya. Sayangnya waktu masalah itu muncul saya lagi browsing banyak sekali artikel (30+ tab di 3 jendela Chrome berbeda) jadi tidak bisa melakukan reboot begitu saja.

Untungnya saya menemukan solusi lain untuk masalah ini tanpa harus melakukan reboot, yaitu dengan me-restart sound system di Ubuntu nya. Caranya adalah dengan menjalankan perintah berikut pada terminal:

Syukurlah, dengan sebaris perintah itu masalahnya hilang dan headset saya bisa dikenali lagi hanya dengan sekali colok. Privasi di tempat umum akhirnya didapatkan kembali :P

Buat Anda yang punya masalah yang sama silakan ikuti triknya.