Notify adalah sebuah program sederhana yang open source yang berguna untuk mengirimkan notifikasi dari terminal pada komputer GNU/Linux Anda ke smartphone (Android/iOS) Anda. Sangat membantu ketika melakukan pekerjaan atau menjalankan sebuah perintah yang butuh waktu lama untuk selesai, misalnya ketika melakukan update/upgrade paket dalam jumlah besar, menjalankan sebuah script panjang, mengompilasi kernel, dan lain sebagainya.

Caranya installnya gampang. Pertama Anda harus menginstall aplikasi notify pada smartphone Anda dan kemudian menginstall program yang diperlukan pada komputer GNU/Linux Anda. Untuk menyinkronkan antara smartphone dan komputer Anda dibutuhkan sebuah key yang bisa ditemukan pada aplikasi notify pada smartphone.

Langkah selengkapnya seperti ini:

  1. Install notify-cli dari terminal, tetapi pastikan kalau npm (Node) sudah terinstall sebelumnya di komputer Anda.
  2. Setelah aplikasi notify terinstall pada smartphone Android Anda misalnya, buka aplikasinya dan catat key-nya. Kemudian jalankan perintah berikut:
  3. Setelah sukses meregistrasikan key milik Anda, sekarang Anda sudah bisa mencobanya langsung. Cara untuk bisa mengirim notifikasi ke smartphone Anda adalah dengan menyisipkan ; notify pada akhir perintah yang dijalankan pada terminal.
  4. Contoh: $ sudo apt-get upgrade ; notify

Selamat mencoba :)