Sejak Canonical memperkenalkan Unity sebagai shell/desktop Ubuntu yang baru, banyak pengguna terutama pengguna lama Ubuntu yang memprotes Unity karena tidak adanya pilihan untuk memindahkan launcher-nya. Sejak itu, muncullah semacam “Unity-hate” yang membuat sebagian pengguna Ubuntu pindah atau beralih ke distro lain. Sebagian lagi ada yang bertahan di Ubuntu tetapi menghapus Unity dengan shell/desktop environment lain, seperti Cinnamon, Mate, dan lainnya.

Namun sekarang tampaknya developer Unity sudah mulai melunak karena baru-baru ini terungkap bahwa seorang developer Unity telah mengijinkan fitur “rotate” di-merger ke Unity 7.

UnityShell-Rotated-Kylin pada mulanya dikembangkan oleh developer Ubuntu Kylin (handsome_feng) untuk Ubuntu Kylin. Dan kemudian melalui halaman Launchpad Unity ini diketahui bahwa sebuah opsi yang spesifik dapat mengubah orientasi launcher Unity telah di-commit/submit cabang utama Unity untuk direview.

Added an option that change the launcher from the left of the screen to the bottom.

Alhasil, Marco Trevisan yang merupakan salah satu developer utama Unity 7 memberikan respon positif pada perubahan tersebut…

From a high level prospective, I can say that launcher works quite well (nice work!).
I’ve not checked all the internals, but I like most of things I see.

So, for now merge with lp:~3v1n0/unity/rotated-improvements, and please include the cleanups I mentioned.

Garis besarnya, Marco Trevisan, developer Unity yang bertugas mereview kode-kode yang disubmit tersebut suka dengan perubahan yang disubmit oleh “handsome_feng”, ia juga meminta beberapa perubahan dan juga “clean up” (membersihkan kode-kode yang tidak perlu/terpakai). Jadi, pada tahap ini fitur rotasi atau perubahan posisi/orientasi pada Unity 7 sangat mungkin hadir di Ubuntu 16.04 LTS nantinya.

Sebenarnya fitur ini terlambat 5 tahun dan mungkin sebagian besar pengguna Ubuntu yang bertahan sekarang (kalau belum pindah ke distro lain) sudah mulai terbiasa dengan launcher yang ada di sebelah kiri. Tapi why not? Lebih baik punya pilihan daripada tidak sama sekali, bukan?