Pernyataan Jay Freeman (@saurik) soal mengapa dirinya tidak pernah dan tidak akan pernah merilis source code dari Cydia Substrate, yang merupakan komponen terpenting dari Cydia (via Reddit):

I have been quite open about the reason I long long ago stopped shipping the source code to Substrate: because my BSD code was forked by someone who wanted to “own” the entire jailbreak stack, turning it into an end-to-end commercial-only project.

Hmm.. jadi rupanya, Saurik tidak merilis source code Substrate sejak dulu karena dianggap berbahaya terhadap Cydia, karena bisa-bisa ada orang yang mem-fork kodenya dan membuat saingan Cydia yang dikomersilkan. Masuk akal juga sih.

Tapi di sini muncul perdebatan, banyak yang beranggapan kalau Saurik sebenarnya bisa saja merilis source code-nya tapi karena takut tersaingi sama yang lain seandainya ada yang membuat tandingan Cydia. Makanya muncul Subtitute yang dibuat oleh salah satu hacker iOS terkenal @comex. Tapi tidak sedikit juga yang mendukung Saurik, bahwa apa yang dilakukan Saurik selama ini sudah sangat besar bagi komunitas jailbreak, bahwa jasa-jasa dan kontribusinya tidak bisa diupakan begitu saja. Selama Cydia dan Cydia Substrate tetan di-maintain (dipelihara) oleh Saurik tidak apa-apalah kalau source code-nya tidak tersedia.

Saya sih terserah Sauriknya saja. #TeamSaurik