The infamous Netizen at it again.

Bagi anak-anak muda/mahasiswa pengguna mobile broadband, yang hidupnya bergantung pada paket data operator seluler, pasti sudah pernah dengar atau setidaknya pernah “penasaran” dengan trik internet gratis tanpa pulsa di internet. Di Google tutorialnya berhamburan. Tapi tidak usah repot-repot untuk mencarinya sekarang karena yang muncul di halaman depan hasil pencarian Google biasanya sudah basi alias sudah expired karena trik-triknya sudah tidak mempan.

Trik yang dimaksud adalah bagaimana memanfaatkan celah keamanan dari operator seluler untuk mendapatkan akses internet gratis tanpa kuota. Dan trik-trik yang tersebar di internet sudah dibinasakan satu persatu setiap hari. Trik-trik yang masih “work” itu biasanya adanya underground alias disebarkan secara sangat terbatas saja, tapi tetap saja, tinggal menunggu waktu untuk ditemukan.

Lalu… ada pula yang namanya SSH (bukan SHSH).

SSH (Secure Socket Shell) sebenarnya adalah

SSH adalah sebuah protokol jaringan yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah komputer melalui jaringan secara aman. Dikarenakan SSH menggunakan jaringan yang dienkripsi, maka SSH ini banyak digunakan oleh seorang admin jaringan atau sysdamin untuk mengontrol sebuah server web atau sebuah komputer dari jauh (secara remote).

Jadi, SSH adalah cara bagaimana seseorang berkomunikasi dengan komputer lain (server) dari jarak jauh, dan ini sehari-hari dipakai oleh teknisi, webmaster, sysadmin, dan lainnya untuk bekerja.

Tapi jangan salah, teknologi ini dipakai bukan oleh orang-orang yang jago komputer saja, tapi juga oleh orang-orang yang cuma mau menggunakan internet gratis tanpa kuota/batasan atau populer disebut sebagai phreaking. Mungkin mereka terinspirasi dari kisah Steve Jobs dan Steve Woz sebagai phreaker legendaris.

By the way, SSH juga sebuah “trik”, tapi beda dengan trik-trik lainnya yang gratis karena trik internet gratisan pakai SSH ini berbayar dan susah diberantas oleh operator-operator seluler. Pada akhirnya, SSH bertahan menjadi trik paling ampuh dan menjadi sangat populer.

SSH untuk pemula
Syukurlah sudah ada yang menyediakan tutorialnya untuk pemula. Kami masyarakat menengah ke bawah jadi sangat terbantu.

Saking populernya, definisi SSH yang “cara komunikasi ke sebuah server” tergantikan menjadi “cara internet gratis”. Memang sih, pengguna SSH untuk internet gratisan itu tetap melibatkan penggunaan server yang dibeli/disewa, tapi tujuan utama dari itu adalah untuk mendapatkan akses internet gratis, tanpa pulsa, tanpa kuota.

Check it out… https://www.google.com/search?q=internet+gratis+dengan#q=internet+gratis+dengan+SSH

Jadi, wajar kalau mendengar istilah “SSH” para admin Twitter operator/provider langsung berpikiran ke SSH untuk internet gratis, bukan SSH yang dipakai untuk meremote server.

Telkomsel adalah salah satu korban atau sasaran empuk dari praktik SSH-abuse ini. Mungkin karena harga paket internetnya paling mahal, paling pelit, atau karena paling kencang internetnya. Setahu saya yang lain juga kena, karena tidak ada yang sempurna.

Nah, entah karena trik pake SSH ini memang ampuh sekali dan susah ditutupi atau karena sistem Telkomsel yang payah dan tidak mampu menutupi bug itu, ternyata Telkomsel memblokir penggunaan SSH dari jaringan mereka. Dan ini baru ketahuan dari Twitter…

Ternyata bukan hanya memblokir penggunaan SSH saja, Telkomsel juga langsung memvonis kalau SSH itu ilegal.

Telkomsel mungkin sudah muak dan berpikir “Oke, cukup sampai di sini”. Tapi, WTF! Jangan melimpahkan kesalahan sebagian orang dengan menghukum semua orang, terutama yang benar-benar menggunakan SSH untuk bekerja mencari uang.

Anyway, Netizen sangat suka kegaduhan, apalagi yang melibatkan operator terbesar di Indonesia. Maka ketika admin pengelola akun Twitter @Telkomsel salah menyebut arti SSH, there will be blood…

Untungnya, masih ada orang yang bisa memahami keadaan dan kegaduhan ini dan mengerti mengapa (admin Twitter) @Telkomsel bisa mengeluarkan pernyataan seperti itu sebelum membabi buta menyerang @Telkomsel.

Salah satu yang paham situasi adalah @asongsoekamti

Be like @asongsoekamti.

Memang susah menjelaskan SSH dan penggunaannya dari sudut pandang Telkomsel dari Twitter yang hanya memuat 140 karakter. Sangat rawan terjadi kesalahpahaman, dan gampang disalahartikan. SSH sebenarnya tidak ilegal, hanya saja banyak orang yang menggunakan SSH untuk aktivitas ilegal dan bersembunyi di belakang legalitas SSH. Ini yang (mungkin) membuat CS @Telkomsel membuat definisi menurut mereka sendiri.

SSH versi Kaskus

Memang ada orang yang komplainnya genuine, tapi kita juga harus mengerti kalau persoalan internet gratis yang memanfaatkan SSH itu nyata dan sangat luas dipakai. Walaupun Telkomsel tetap salah karena sudah menutup akses SSH.

Kalau pengelola akun Twitter dianggap “tidak tahu apa-apa” karena hanya tahu kalau SSH hanya bisa dipakai untuk aktivitas ilegal saja, itu artinya dampak negatif SSH lebih populer dibanding fungsi sebenarnya (fungsi sewajarnya).

Yup, betul, orang-orang di Twitter kadang lebih pintar dari pada orang-orang yang kerja di provider internet.

Mungkin @Telkomsel harus belajar dari agan-agan master SSH di Kaskus yang lebih ngerti apa itu SSH dan kegunaannya…

SSH menurut Kaskus
No. 7 sama 8 sangat menarik.

Dalam keadaan pulsa kuota nol tapi masih bisa internetan sepuasnya? Wow…

Jadi, buat para intern yang kelola @Telkomsel, kalian lagi apes hari ini. Kalau ada pertanyaan yang susah susah seperti SSH itu mending langsung arahkan ke orang yang lebih paham. Jangan tangani sendiri, bahaya. Netizen never forget, never forgive.

Buat Netizen, kalian sebenarnya tahu “SSH” yang dimaksud @Telkomsel itu apa, dan kenapa bisa dianggap ilegal oleh mereka. Jangan pura-pura tidak tahu dan mem-bully dan memaki mimin yang malang itu. SSH untuk keperluan wajar memang tidak ilegal, tapi menggunakan SSH sebagai alat pendukung untuk internet unlimited tanpa perlu kuota dan pulsa itu ilegal.