Setiap pengguna iPhone (atau iPad) mungkin sudah tahu kalau ingin melakukan update perangkat lunak over-the-air (OTA), (atau ingin mendownload aplikasi berukuran besar) dibutuhkan koneksi wi-fi. Ini karena iOS tidak mengijinkan pengguna melakukan update OTA langsung melalui jaringan seluler. Tapi yang jadi masalah bagi sebagian pengguna adalah terkadang jaringan seluler adalah satu-satunya sumber koneksi internet karena tidak semua orang punya akses wi-fi.

Masalah ini bisa diakali, tanpa jailbreak tentunya, tetapi sedikit repot mungkin karena hanya bisa dilakukan kalau ada komputer Mac (atau PC).

Jadi, mungkin ada yang sudah pernah coba atau sudah tahu sebelumnya kalau triknya adalah membuat koneksi internet wi-fi dari laptop yang sumbernya dari koneksi seluler dari iPhone. Alias, looping.

Kira-kira seperti ini:

Langkah-langkahnya

  1. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth pada iPhone. Nyalakan Personal Hotspot dan pilih USB Only dari dialog yang muncul.
  2. Nonaktifkan Wi-Fi dari pengaturan Network pada Mac (dari System Preferences). Kemudian aktifkan koneksi “iPhone USB”. Hapus tanda centang pada “Disable unless needed”.
  3. Masuk ke pengaturan Sharing pada Mac, lalu beri centang pada Internet Sharing untuk mengaktifkannya.
  4. Pada pilihan “Share your connection from” pilih iPhone USB sebagai sumber internet, dan pada “To computer using” centang Wi-Fi.
  5. Terakhir, nyalakan Wi-Fi pada iPhone dan hubungkan ke Wi-Fi yang dipancarkan oleh Mac tadi. Viola! Anda sudah bisa melakukan update via jaringan Wi-Fi :)

BTW, selain untuk update OTA cara ini juga bisa untuk yang ingin mendownload aplikasi berukuran besar dari App Store.

Kenapa tidak pakai iTunes saja updatenya kalau tetap butuh komputer? Benar, tapi ini tergantung kebutuhan orangnya juga sih, update OTA memakai lebih sedikit data (baca: kuota internet) dibandingkan mendownload file IPSW yang ukurannya hampir 2 GB.

Untuk Mac OS X caranya lebih mudah karena fiturnya sudah bawaan. Sedangkan untuk Windows harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download dari internet. Beberapa yang bisa jadi pilihan adalah Connectify, Virtual Router atau Maryfi.

Referensi:
[Apple Support]