Salah satu sumber utama rumor mengenai jailbreak adalah ketika ada seseorang di Twitter yang memperlihatkan perangkat miliknya yang menampilkan Cydia di Home screen. Sebenarnya itu sah-sah saja dilakukan. Memang ada hacker atau tim hacker yang memposting gambar atau video dengan tujuan untuk memberitahukan para jailbreakers/komunitas progres yang telah mereka capai. Tapi ada juga yang memposting gambar/video hanya untuk pamer tanpa niat mempublikasikannya sama sekali.

Ada apa? Kenapa melakukan hal seperti itu?

Saya mengutip kutipan wawancara Jay Freeman (@saurik) dengan TechCruch beberapa tahun yang lalu:

When jailbreak developers and other hackers are teasing their progress on Twitter, they’re sometimes showing off some of those so-called userland bugs in action. Maybe they show Cydia, Freeman’s app store for the jailbreaking community, running on their device. But Freeman clarifies that these teases are often only partial jailbreaks – Cydia is installed, but the apps that let you have all the fun wouldn’t necessarily work. Other times, they’ve used Apple’s own developer tools, which allow Apple’s paying developers to install their own code on the phone. Seeing a device running Cydia, in other words, is not proof that a jailbreak for you, the user, is ready.

Sometimes, however, it is a hint at progress.

Jadi, menurut @saurik, postingan foto/video yang beredar di Twitter (atau media sosial mana saja) itu biasanya hanya sekedar pamer saja, karena sebenarnya jailbreak-nya belum benar-benar sempurna, masih setengah-setengah, dan belum layak untuk dipublikasikan. Cydia mungkin sudah terinstall, tetapi belum tentu Cydia-nya berjalan stabil dengan fitur penuh.

Selain itu, jailbreak yang dikembangkan sendiri oleh si hacker tersebut bisa jadi illegal kalau dipublikasikan kalau seandainya terdapat kode-kode proprietary milik Apple yang digunakan untuk pembuatan jailbreak.

Jadi, walaupun jailbreak-nya tidak dipublikasikan, tetapi setidaknya foto/video yang diupload oleh si hacker itu bisa jadi bukti kalau iOS masih rentan terhadap jailbreak, dan nasib jailbreak belum berhenti sampai di sini. Tinggal celah keamanannya saja yang menunggu untuk ditemukan oleh hacker lain yang mungkin bersedia atau mampu merilisnya ke publik.