Pernahkah Anda bertanya-tanya sudah berapa banyak penggunaan baterai pada perangkat Anda? Atau apakah Anda pernah bertanya kenapa kadang-kadang ada aplikasi yang mengkonsumsi baterai lebih banyak dari yang lainnya? Mulai sejak iOS 8, fitur untuk melacak penggunaan baterai telah tersedia dan lebih lengkap.

Sebenarnya sejak iOS 7 sudah ada petunjuk seberapa besar penggunaan baterai dan berapa lama standby sejak perangkat terakhir kali diisi penuh, namun belum ada pentunjuk jelas faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan baterainya.

Pada iOS 8 dan terbaru, penggunaan baterai menjadi lebih detail lagi. Di situ (Battery Usage) ditunjukkan aplikasi apa dan faktor apa yang mengkonsumsi baterai. Untuk melihat penggunaan baterai, masuk ke Settings > Battery (Pengaturan > Baterai).

Pada menu Battery Usage / Penggunaan Baterai, ada dua tab utama. Last 24 Hours (24 Jam Terakhir) untuk menampilkan daftar aplikasi yang mengkonsumsi baterai dalam 24 jam terakhir, dan Last 6 Days (6 Hari Terakhir). Setiap aplikasi yang ada dalam daftar akan ditampilkan seberapa besar penggunaan baterainya dalam persen dan juga akan ada pesan dari penyebab konsumsi baterai.

Berikut ini adalah pesan-pesan yang mungkin akan Anda temukan pada detail setiap aplikasi yang aktif digunakan:

  • Background Activity / Aktivitas Latar Belakang
  • Ini artinya ada aktifitas Background App Refresh (kalau sudah diaktifkan) untuk aplikasi ini di latar belakang.

    Untuk meningkatkan kekuatan baterai Anda boleh saja menonaktifkan fitur ini dari Settings > General > Background App Refresh (Pengaturan > Umum > Muat Ulang Aplikasi Latar Belakang).

  • Location & Background Location / Lokasi & Lokasi Latar Belakang
  • Ini artinya ada aplikasi yang menggunakan layanan lokasi di latar belakang. Misalnya aplikasi berbasis peta/GPS atau aplikasi-aplikasi media sosial dengan fitur lokasi/check in.

    Untuk mengoptimalkan kekuatan baterai Anda juga bisa mematikan layanan lokasi untuk aplikasi, caranya adalah dengan masuk ke Settings > Privacy > Location Services ( Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi). Pada menu layanan lokasi, Anda bisa melihat setiap aplikasi tercantum dengan pengaturan izinnya.

  • No Cell Coverage & Low Signal / Sinyal Rendah
  • Ini pertanda bahwa Anda berada pada area yang jangkauan selulernya buruk, dan perangkat Anda berusaha mencari sinyal yang lebih baik. Penggunaan perangkat pada kondisi sinyal buruk atau lemah akan berpengaruh langsung ke kekuatan baterai Anda.

  • Audio
  • Ini adalah tanda bahwa aplikasi ini dapat memutar audio atau lagu di latar belakang. Aplikasi pemutar musik lokal ataupun streaming online umumnya akan menunjukkan pesan seperti ini.

Aplikasi yang muncul paling atas berarti aplikasi yang paling sering digunakan atau aplikasi yang paling besar dampaknya terhadap kekuatan baterai.

Perlu diperhatikan bahwa persentase penggunaan merujuk pada persentase dari baterai yang telah digunakan. Sebagai contoh, kalau baterai iPhone Anda menunjukkan angka 80% pada status bar, dan pada daftar penggunaan baterai ada aplikasi Facebook yang menunjukkan penggunaan sebesar 50% entah itu karena sinyal rendah atau karena adanya aktivitas latar belakang, itu berarti bahwa aplikasi Facebook telah menggunakan 10% dari kekuatan baterai Anda. Di mana perhitungannya adalah; Sisa baterai 80% (terpakai 20%), kalau penggunaan Facebook adalah 50% -maka 50% dari 20% adalah 10%.