Night Shift

Kenapa Night Shift tidak bisa dijalankan bersamaan dengan Low Power Mode (LPM)? LPM pada dasarnya adalah fitur bawaan yang gunanya untuk memperpanjang masa pakai perangkat yang baterainya lagi lemah. Begitu fitur LPM diaktifkan, beberapa fitur bawaan lain secara otomatis akan dimatikan atau diturunkan untuk membuat konsumsi baterai berkurang.

Nah, alasan kenapa Night Mode tidak bisa diaktifkan bersamaan dengan LPM adalah pertanda kalau Night Shift bukan termasuk fitur “battery friendly”. Night Shift adalah proses/filter* tambahan yang berjalan di atas layar normal, dan itu butuh tenaga ekstra dari GPU/CPU. Mungkin inilah yang menyebabkan kenapa hanya perangkat berprosesor 64-bit saja yang bisa mendapatkan fitur ini, karena hanya prosesor tertentu saja yang bisa memproses Night Shift dengan sempurna. Biasanya ketika Apple menghilangkan fitur baru pada perangkat tua, itu karena fitur tersebut tidak berjalan sempurna walaupun tetap bisa berjalan. Sudah jelas kalau berdasarkan f.lux, Night Shift seharusnya bisa berjalan di perangkat 32-bit tetapi mungkin Apple mengambil keputusan kalau fitur Night Shift akan semakin menurunkan performa perangkat lama (2013 ke bawah) dan menguras baterai kalau fitur ini diikutkan.

Lalu, kenapa pengguna tetap bisa mengaktifkan Night Shift dan LPM secara bersamaan? Entah, saya tidak tahu pasti. Mungkin ini terlewatkan oleh Apple dan akan dihilangkan pada iOS versi berikutnya. Mungkin karena kemampuan Siri sudah dikembangkan lebih jauh karena setahu saya fitur Siri cukup terbatas untuk melakukan perubahan yang berdampak langsung ke sistem atau keamanan. Atau, bisa jadi karena Apple memang menyembunyikan fitur ini dan menunggu sampai pengguna menemukannya sendiri. Mungkin Apple sudah (sangat sedikit) berubah, tidak lagi terlalu membatasi penggunanya. Who knows, kita lihat saja bagaimana nasib kedua fitur ini pada versi iOS berikutnya.

*) Filter adalah istilah untuk menyederhanakan proses rendering warna layar untuk menghasilkan warna hangat. Sebenarnya lebih komplek dari filter biasa.