Helloow… Apa masih ada yang setia menunggu rilisnya jailbreak iOS 9.2? Atau mungkin semua lupa dengan jailbreak karena sudah puas dengan fitur-fitur bawaan iOS 9?

Anyway… Dari berbagai informasi yang saya kumpulkan selama ini, sepertinya rilis jailbreak iOS 9.2.1 sudah ada waktu “pasti”-nya.

Kabarnya sih, jailbreak berikutnya (9.2/9.3) akan datang dari @enMTW (seandainya tidak didahului sama tim Pangu/TaiG). Soal keaslian si @enMTW ini bisa dibilang sekitar 70-80% lah menurut pengamatan saya sendiri. Dia sepertinya punya pengalaman yang cukup di dunia hacking iOS dan kenal dengan beberapa developer jailbreak yang sudah terkenal. Anda bisa dengarkan podcast-nya di JailCast episode 8.

Jadi, kapan waktu “pasti”-nya itu?

Jadi, kata si @enMTW ini, ia baru akan merilis jailbreak iOS 9.3 nanti ketika “iPhone 5 SE” (menurut rumor namanya akan seperti itu) resmi diluncurkan. Saya ulangi, resmi diluncurkan, bukan resmi diperkenalkan. Artinya, nanti ketika iPhone 5 SE sudah resmi dijual barulah si enMTW merilis jailbreak iOS 9.3 ke publik. Alasannya adalah selain karena jailbreaknya sendiri masih dalam pengembangan dan butuh penyempurnaan (GUI, dll), ia juga tidak mau kalau jailbreak 9.3 dirilis pada saat iPhone SE belum resmi keluar. Itu membuat Apple punya kesempatan untuk menambal celah keamanan pada iOS 9.3 dan akhirnya membuat Apple meluncurkan iPhone SE dengan iOS 9.3.1 sebagai bawaan.

Masuk akal juga sih.

Lalu bagaimana dengan jailbreak iOS 9.2? Berdasarkan Tweet di atas, katanya jailbreaknya akan rilis sebelum jailbreak iOS 9.3 dirilis. Kalau jailbreak iOS 9.3 dirilis setelah iPhone 5 SE resmi keluar, artinya jailbreak untuk 9.2 bisa lebih awal, mungkin saja sebelum atau bersamaan dengan rilisnya iOS 9.3 (yang artinya iPhone 5 SE sudah diperkenalkan).

Itu semua dengan asumsi kalau jailbreak tahun ini datangnya dari @enMTW saja. Sejauh ini belum ada kepastian atau informasi tambahan dari tim Pangu atau TaiG. Mungkin mereka masih sibuk. Bisa jadi salah satu dari ke dua tim tersebut membuat kejutan spesial dengan merilis jailbreak buatan mereka lebih awal dari enMTW.

Jadi, buat para jailbreaker, silakan duduk manis sampai iPhone 5 SE resmi diluncurkan dan sampai pemberitahuan selanjutnya muncul. Sementara itu, Anda mungkin mau membaca tulisan saya ini.