1. Install melalui CD?
  2. Menginstall Ubuntu dari CD/DVD sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

    • Masukkan CD/DVD yang sudah berisi Ubuntu (LiveCD) kedalam CD/DVD-ROM komputer Anda.
    • Restart komputer Anda. Anda akan melihat layar selamat datang yang akan meminta Anda untuk memilih bahasa dan memberikan Anda pilihan untuk menginstall Ubuntu atau mencobanya (live).
  3. Install melalui USB?
  4. Hampir semua komputer keluaran terbaru sudah mendukung booting via USB (flashdisk). Ketika Anda memasukkan flashdisk yang berisi instalasi Ubuntu maka akan muncul layar selamat datang, sama dengan jika kita memasukkan LiveCD Ubuntu.

    Jika komputer Anda tidak otomatis booting ke USB flashdisk yang berisi Ubuntu, mungkin Anda harus menekat tombol F10 atau F12 untuk memunculkannya (tiap laptop bisa saja berbeda).

  5. Bersiap menginstall Ubuntu
    • Disarankan untuk hubungkan laptop Anda ke sumber listrik selama proses instalasi berlangsung.
    • Pastikan kalau space harddisk di komputer Anda mencukupi untuk menginstall Ubuntu (minimal 5GB).
    • Anda bisa saja mendownload pembaruan perangkat lunak selama proses instalasi Ubuntu berlangsung. Bisa juga tidak, tergantung ketersediaan koneksi internet saat itu.

    Install Ubuntu

    Pada gambar di atas, pilih bahasa yang ingin Anda gunakan, misalnya English (bahasa Inggris). Kemudian klik tombol Install Ubuntu.

  6. Mengatur wireless
  7. Jika Anda tidak terhubung ke internet (dan wireless dalam keadaan nyala), Anda akan disarankan untuk memilih salah satu jaringan wireless yang ada. Jika ingin menginstall pembaruan perangkat lunak bersamaan dengan terinstallnya Ubuntu maka Anda bisa mencentang piliha ‘Download updates while installing’, kemudian klik Continue. Kalau tidak ingin, tidak usah beri centang, ini juga akan mempersingkat proses instalasi Ubuntu. Selain pembaruan perangkat lunak, Anda juga bisa langsung menginstall plugin-plugin yang tersedia pada repositori resmi Ubuntu, misalnya plugin untuk memutar file mp3, mp4, avi, dan lainnya.
    Install Ubuntu

  8. Mengalokasikan ruang harddisk
  9. Pilih salah satu dari jenis instalasi Ubuntu yang akan Anda terapkan. Jika di harddisk komputer Anda sudah ada sistem operasi lain (misalnnya Windows), anda bisa memilih:

    • Erase disk and install Ubuntu: Untuk menghapus isi harddisk termasuk semua sistem operasi dan data-datanya lalu menggantinya dengan Ubuntu
    • Something else: Untuk menginstall Ubuntu berdampingan dengan sistem operasi lain. Pilihan ini juga memberikan Anda kesempatan untuk mengelola ruang dan partisi harddisk secara manual.

    Install Ubuntu

  10. Memulai instalasi Ubuntu
  11. Pada tahap ini Anda akan dihadapkan pada proses penentuan ruang harddisk yang akan digunakan. Jika harddisk komputer Anda masih kosong, langsung saja klik tombol Install now. ‘JIka ingin mengelola ruang dan partisi harddisk (dengan asumsi Anda memilih pilihan ‘Something else’ pada langkah sebelumnya), maka grafik partisi harddisk akan muncul di sini.

    Tip: menentukan ukuran SWAP.

    Install Ubuntu

  12. Pilih lokasi Anda
  13. Jika komputer Anda terhubung ke internet maka biasanya lokasi Anda akan langsung ditentukan pada peta. Jika tidak, Anda sendiri yang harus menentukannya.

    Install Ubuntu

  14. Tentukan layout keyboard
  15. Anda tetap bisa mengubah layout keyboard sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi jika ingin menggunakan yang standar, klik tombol ‘Detect Keyboard Layout’ untuk memilih keyboard default.
    Install Ubuntu

  16. Masukkan username dan password
  17. Install Ubuntu

  18. Pelajari tentang Ubuntu selama proses instalasi berlangsung
  19. Pada tahap ini instalasi Ubuntu akan sampai pada intinya (sebenarnya pada saat memilih layout keyboard instalasi sudah mulai berjalan). Anda akan disuguhi slideshow keren yang menunjukkan keunggulan dari Ubuntu. Anda tidak perlu melakukan apa-apa selama proses ini, cukup menonton saja.
    Install Ubuntu

  20. Instalasi selesai!
  21. Hore… instalasi Ubuntu telah selesai. Anda bisa merestart komputer Anda untuk masuk ke Ubuntu yang baru, atau bisa juga tetap tinggal menikmati mode LiveCD.
    Install Ubuntu